Pengamanan Pilkada Medan, 1.190 Polisi Disiagakan

Apel Pilkada_resizeKarakternews.com – Empat hari lagi menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Serentak pada 9 Desember 2015, Kepolisian Resort Kota (Polresta) Medan menyiagakan sebanyak 1.190 personel untuk melakukan pengamanan di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Medan.

“Sebanyak 1.190 personel Kepolisian disiapkan untuk menjaga seluruh TPS di Kota Medan,” ucap Kapolresta Medan, Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, kepada wartawan, Jumat (4/12/2015). Untuk melakukan pengamanan ini, Polresta Medan akan menggelar Pergeseran Pasukan (Serpas) di Lapangan Merdeka Medan.

Selain itu, kata Kapolresta Medan, personil juga disiagakan untuk mengamankan logistik Pilkada. “Min 3 sebelum hari H anggota yang ditugaskan selain melakukan pengamanan di TPS juga logistik Pilkada,” ujarnya, seraya berharap Pilkada Kota Medan berlangsung kondusif.

Baca Juga:  TPS Sepi, Warga Tak Dapatkan Kepercayaan Politik

Pengamanan juga dilakukan untuk mewaspadai aksi kejahatan jalanan yang dianggap dapat mengganggu kondusifitas Kota Medan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Medan, pada tanggal 9 Desember nanti. Polresta Medan juga mewaspadai adanya potensi kerusuhan dari dua belah pihak pendukung pasangan calon.

Polresta Medan sejak awal tahapan Pilkada sudah melakukan pengamanan, dimulai dari verifikasi paslon dan pemilih, masa kampanye, proses pencoblosan, dan pelantikan nanti, kita benar- benar serius melakukan pengamanan Pilkada,” ungkap Kombes Mardiaz.

Untuk 17 Kecamatan Kota Medan yang masuk wilkum (wilayah hukum) Polresta Medan belum ada yang dikatakan rawan, tapi dalam pola pengamanan TPS ada yang dikategorikan rawan 1 dan rawan 2, itu didasarkan dari jauhnya TPS 1 ke TPS lainnya,” sebut Mardiaz.

Baca Juga:  BENAR & REDI Siap Terima Hasil Pilkada

Dihari pencoblosan nanti, Mardiaz memaparkan, pihaknya akan mengerahkan 2 personil untuk menjaga 5 TPS (Tempat Pengumutan Suara), dengan skema nantinya,  2 polisi di 5 TPS, untuk daerah rawan I yakni 2 personil di 2 TPS dan Rawan II, 2 personil di 3 TPS,” ungkap Kombes Pol Mardiaz Kusin.(kn/m-07)

Related posts