Pemko Medan, Daerah Kedelapan Miliki e-Katalog di Indonesia

KarakterNews.com – MEDAN – Gubernur Sumatera Utara, Dr Ir H Tengku Erry Nuradi mengapresiasi Pemerintah Kota (Pemko) Medan, yang telah mempelopori e-Katalog di Provinsi Sumatera Utara.

“Pemko Medan sebagai Kabupaten/Kota yang ke delapan memiliki e-Katalog Daerah di seluruh Indonesia. Kota Medan diharapkan bisa menjadi model yang bisa diikuti oleh Kabupaten/Kota, khususnya di daerah ini, maupun wilayah lain di Indonesia,” kata Tengku Erry Nuradi, pada Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama antara Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) bersama Pemerintah Kota (Pemko) Medan dalam pelaksanaan e-Katalog di Hotel Santika, Kota Medan, Selasa (27/3/2018).

Karena itu, Gubernur Erry Nuradi berniat segera meluncurkan e-Katalog Pemerintah Provinsi Sumut, untuk meningkatkan efisiensi pengadaan barang dan jasa, khususnya yang melibatkan teknologi digital. “Kita berharap, Sumut akan tercatat di LKPP menjadi Provinsi yang memiliki e-Katalog setelah Jakarta dan Riau,” ujarnya.

Baca Juga:  Sambut Natal 2017 & Tahun Baru 2018, Pemko Medan Buka 53 Titik Pasar Murah

Sementara itu, Walikota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S M.Si mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung. “e-Katalog ini merupakan salah satu upaya dari Pemko Medan untuk mewujudkan reformasi birokrasi menuju good governance dan clean governance.

Saat ini, kata Walikota Dzulmi Eldin, e-Katalog masih menyediakan sedikit daftar barang dan jasa, infrastruktur, seperti Aspal. Kedepannya, e-Katalog ingin diperluas, termasuk memasukkan barang-barang lokal daerah, sehingga UMKM yang ada di Kota Medan dan Sumut berkembang, tidak hanya tingkat lokal tapi Nasional.

Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP), Dr Ir Agus Prabowo MEng memaparkan, ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari pengadaan barang dan jasa melalui e-Katalog. Pertama, e-Katalog mendorong proses pengadaan barang dan jasa lebih cepat dibandingkan dengan sistem tender dan lelang sebelumnya.

Baca Juga:  Pemko Medan Siap Dukung Pilgub Sumut 2018

Selain itu, kata Agus Prabowo, e-Katalog juga meningkatkan variasi produk katalog nasional, memberikan kesempatan bagi UMKM lokal turut berpartisipasi lebih aktif dalam aktivitas perekonomian negara, dan memperluas pemasaran produk lokal daerah. (kn-m09)

Related posts