Pembentukan & Pembinaan Klaster Bisnis Bantu Pelaku UMKM

Medan – Pj Walikota Medan, Drs.H Randiman Tarigan MAP mengharapkan, pembentukan dan pembinaan klaster bisnis Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM) ini dapat menambah khazanah ilmu dan pengetahuan bagi para pelaku UMKM di Medan. Pengklasteran atau pengelompokan ini dilakukan berdasarkan kesamaan jenis usaha dan kedekatan lokasi usaha.

“Adanya pengelompokan ini, maka peluang untuk berkembangan akan semakin terbuka dan para pelaku usaha dapat meningkatkan daya produk, baik dari sisi packaging dan pemasaran produk,” kata Pj Walikota Medan diwakili Kadis Koperasi H Arjuna Sembiring SSos MSP, ketika membuka kegiatan itu di Hotel Griya, Kamis (22/10/2015).

Disebutkan Arjuna, Dinas Koperasi Kota Medan mewadahi pembentukan dan pembinaan klaster bisnis usaha menengah kecil mikro ini untuk membantu pelaku UMKM dalam pengelolaan usahanya.

Sebelumnya, Ketua Panitia, Risnata Sugiatu T SE yang juga Kabid Pemberdayaan UMKM Dinas Koperasi Medan melaporkan, kegiatan ini diikuti pelaku UMKM terdiri dari enam kluster bisnis, yakni kluster tahu tempe, batik, bordir, kulit, rotan, dan aneka cemilan (kudapan).

Risnata Sugiatu memaparkan, pembentukan dan pembinaan klaster ini bertujuan membantu para pelaku UMKM dalam mengelola usahanya dengan pembentukan klaster bisnis. Dan nantinya, pelaku UMKM dapat melihat potensi, peluang untuk meningkatkan usaha, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas. (kn-08)

Related posts