Pembangunan Gedung BPSDM di Jalan Ngalengko Dimulai

KarakterNews.com – MEDAN – Gubernur Sumatera Utara, Dr Ir H Tengku Erry Nuradi meletakkan batu pertama, pertanda dimulainya pembangunan tahap pertama Gedung Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Sumatera Utara di Jalan Ngalengko No.1 Medan, Jumat (13/4/2018).

Gedung BPSDM baru itu menjadi satu kebanggaan masyarakat Sumatera Utara (Sumut), karena akan dilengkapi fasilitas setara dengan hotel bintang tiga. Pada waktu tidak ada Diklat, bisa disewakan untuk umum, yang merupakan PAD bagi BPSDM dan Pemprovsu,” kata Gubernur Sumut Erry Nuradi, seraya menjelaskan, Gedung BPSDM ini, awalnya merupakan gedung Badan Pendidikan dan Pelatihan Provsu yang berdiri sejak Tahun 1971, sudah 47 tahun berdiri belum pernah direnovasi.

Baca Juga:  Plt. Gubsu Ajak DPD RI Perjuangkan Masalah Krisis Listrik Sumut

Sebelumnya, Kepala BPSDM Provsu Ir Bonar Sirait M.Si menjelaskan, pembangunan gedung BPSDM ini dilaksanakan karena memang usia gedung yang sudah lama. Luas tanahnya 1,78 hektar dan akan dilakukan pembangunan gedung sekitar 10 ribu meter, dan sisanya untuk penghijauan.

Gedung yang akan dibangun ini nantinya vertikal, berlantai lima dengan daya tampung hingga 450 orang. Sehingga penyelenggaraan diklat yang lebih besar nantinya akan bisa dilaksanakan di BPSDM Provsu ini,” kata Bonar Sirait.

Pembangunan tahap pertama gedung BPSDM Provsu Tahun 2018 ini, membutuhkan anggaran hingga Rp 100 miliar. Dana yang dimiliki saat ini ada Rp 34 miliar. Karenanya, pembangunan ini sudah mulai bisa dikerjakan. “Semoga pekerjaan ini bisa terus berlanjut, hingga tahun 2020 sudah rampung,” ungkap Bonar.

Baca Juga:  Djarot - Sihar Tawarkan Pembangunan Atasi Persoalan, Eramas Paparkan Angka Kemiskinan

Sedangkan Pelaksana dari PT Harawana Konsultan Ir Sabar M Sitompul M.Si memaparkan, pembangunan gedung ini telah direncanakan tahun 2017. Beberapa item yang akan dibangun yaitu gedung asrama, kantor dan masjid, sarana pendukung berupa halaman pagar dan pos jaga. Pada Tahun 2018 ini, akan dibangun gedung asrama yang terdiri 45 kamar dan bisa menampung 110 orang.

Pembangunan ini, dilatarbelakangi karena kapasitas daya tampung BPSDM Provsu ini kurang memadai, dan juga untuk mengejar akreditasi, karena memang BPSDM di seluruh Indonesia fasilitasnya diakreditasi. (kn-m09)

Related posts