PDAM Tirtanadi Jangan Ragu Naikkan Tarif Air

Ketua Tim Tarif Air yang juga Kadiv SDM PDAM Tirtanadi, Zulkifli Lubis mensosialisasikan kenaikan tarif air kepada para pelanggan.

KarakterNews.com – MEDAN – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara supaya tidak ragu – ragu lagi untuk menaikkan tarif air, kalau memang tujuannya meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat dan pelanggannya.

“Kami dan masyarakat pelanggan PDAM Tirtanadi di Kecamatan Medan Selayang ini mendukung sepenuhnya penyesuaian tarif air minum, bila memang tujuannya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” kata Camat Medan Selayang Sutan Tolang Lubis, SSTP, pada acara Sambung Rasa Pelanggan bertema “Sosialisasi Penyesuaian Tarif Air Minum PDAM Tirtanadi” di Aula Kantor Camat Medan Selayang Jalan Bunga Cempaka, Padang Bulan, Selasa (11/4/2017), dihadiri Kadiv Hubungan Langganan, Tauhid Ichyar, Kadiv SIM Cece Harahap, Kepala Cabang Sunggal, Kepala Cabang Padang Bulan Saul Parapat, masyarakat dan sejumlah Lurah serta Kepala Lingkungan di Kecamatan Medan Selayang.

Hal senada juga disampaikan, Sukarman – seorang Tokoh Masyarakat Medan Selayang yang hadir pada kegiatan tersebut. “Kami mendukung dan peduli dengan keberadaan PDAM Tirtanadi yang hingga kini terus eksis mengelola air baku (air sungai) menjadi air bersih dan layak. Karena itu, manajemen PDAM Tirtanadi jangan ragu untuk menaikan tarif air,” ungkapnya.

Baca Juga:  5 Tahun Menunggu, Kali Ini PDAM Tirtanadi Sosialisasi Penyesuaian Tarif Air

Sebelumnya, Ketua Tim Tarif yang juga Kadiv SDM PDAM Tirtanadi – Zulkifli Lubis mengemukakan, saat ini PDAM Tirtanadi terus berbenah dan akan ada perubahan-perubahan terkait kenaikan tarif air. “Penyesuaian tarif dilakukan untuk tujuan pengembangan perusahaan, khususnya untuk penambahan kapasitas produksi air minum PDAM Tirtanadi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan air masyarakat pelanggan,” ungkapnya.

Disebutkan Zulkifli Lubis, sudah hampir lima tahun ini – PDAM Tirtanadi tidak menaikkan tarif dan dalam penyesuaian tarif air ini, Direksi PDAM Tirtanadi tidak asal – asalan menaikkan tarif air, tapi melalui tahapan tahapan pengkajian merujuk pada ketentuan Permendagri No 71 Tahun 2016, yang memberi kesempatan bagi setiap PDAM di Indonesia melakukan penyesuaian tarif untuk menyehatkan perusahaan.

Baca Juga:  Tingginya Inflasi Sebabkan Kenaikan Tarif Air

Setelah memaparkan tentang kenaikan tarif air, satu persatu warga pelanggan, Kepling dan tokoh masyarakat menyampaikan kritik, saran dan harapan kepada pihak PDAM selaku pengelola air bersih kebanggaan Sumatera Utara, yang pada umumnya tidak keberatan dengan kenaikan tarif air. Sebagai pelanggan Tirtanadi, warga sudah cukup paham dan mengetahui bahwa biaya produksi dan pendistribusian air kepada pelanggan memerlukan biaya yang tidak sedikit dan itu harus di bayar.

Kepala Lingkungan (Kepling II), Kelurahan Beringin Syahrul berharap Tirtanadi jangan langsung main copot meteran kepada pelanggannya yang menunggak. Menggingat, banyak warga mempunyai bisnis rumah kos-kosan.

“Saya yang punya rumah kos-kosan banyak mengeluh. Sebab meteran di tempat kos-kosannya dicabut PDAM. Pemilik kos sama sekali nggak tau, kalau penghuni kos-kosannya menunggak rekening air. Karena surat peringatan dari pihak PDAM tidak pernah diberikan kepada pemilik kos, tau-taunya anak kosnya pindah, terus PDAM cabut meteran. “Jadi tolonglah Pak, jangan langsung main cabut meteran saja,” harap Syahrul, menyampaikan keluhannya.

Baca Juga:  Kebijakan Tarif Air PDAM Naik, Seiring Meningkatnya Pelayanan

Sementara Wagiman, Kepling VIII, Kelurahan Tanjung Sari mengeluhkan soal pasokan air bersih Tirtanadi yang hitam dan berlumut. Menanggapi keluhan tersebut, Zulkifli memberi solusi dan masukan kepada para pelanggannya dan langsung meminta Kacab Padang Bulan Saul Parapat untuk mengecek ke lokasi yang dilaporkan warga. “Setiap saat PDAM Tirtanadi melayani keluhan pelanggan melalui Halo Tirtanadi 1500-922,  Silahkan lapor, petugas akan turun ke lokasi menanggapi keluhan pelanggan,” ungkapnya. (kn-m09)

Related posts