Operasi Tangkap Tangan KPK Diperluas

kpkagus_resizeKarakternews.com – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi yang baru, Agus Rahardjo, mengaku kagum dengan fungsi penindakan yang selama ini dilakukan KPK. Terutama, saat KPK melakukan praktik operasi tangkap tangan (OTT) terhadap terduga pelaku tindak pidana korupsi.

“Dalam fit and proper test di DPR, saya cukup mengagumi OTT,” ucap Agus Rahardjo, saat memberikan keterangan di Gedung KPK, Senin (21/12/2015). Itu caranya gimana ya, tahu-tahu bisa ditangkap tangan? Saya ingin bisa diperluas dan diperbanyak,” pintanya.

Kata Agus Rahardjo, operasi tangkap tangan yang selama ini telah dilakukan KPK seharusnya dapat dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan fungsi koordinasi antarlembaga penegak hukum. Contohnya, jika kelak banyak OTT dilakukan, maka lembaga antirasuah itu bisa melimpahkan perkara yang ditanganinya kepada Kejaksaan Agung atau Polri.

Baca Juga:  Negara Rugi Rp 2,3 Triliun, Ketua DPR RI Tersangka Kasus KTP-El

“Jika hasil OTT kecil, tangani ke teman yang lain. Tapi, kalau hasil OTT-nya besar kami (KPK) tangani sendiri. Sebaliknya, bila berbenturan tapi berdampak luas, sebaiknya kami ambil,” tegas Ketua KPK yang baru ini, menambahkan, KPK tidak bisa bergerak sendiri dalam upaya pemberantasan korupsi di Tanah Air, KPK harus berkoordinasi dengan Kepolisian dan Kejaksaan jika agenda pemberantasan korupsi ingin berhasil. (kn/j.09)

Related posts