Nazir Salim Manik : KPU Kabupaten/Kota Koordinasi Dengan Disdukcapil

KarakterNews.com – MEDAN – Komisioner KPU Sumut, Nazir Salim Manik menegaskan, KPU Kabupaten/Kota agar segera berkoordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), terkait persoalan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

“Kita akan memastikan terlebih dahulu persoalan kelengkapan KTP elektronik (KTP-el) warga binaan baik yang berada di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) maupun Rumah Tahanan (Rutan) di Sumut,” kata Nazir Salim Manik, kepada wartawan, Selasa (27/3/2018).

Diakui Nazir Manik, KPU Sumut telah memperoleh data dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumut tentang jumlah warga binaan di seluruh Lapas dan Rutan di Sumut. Dari data diperoleh, ada 25.048 warga binaan di Lapas dan Rutan tidak dilengkapi NIK atau KTP el.

Baca Juga:  Naik Betor ke KPU Sumut, Paslon Cagubsu-Cawagub Edi - Musa Daftar

“Kita berharap persoalan ini sudah direspon paling lama tanggal 7 April, karena masa penetapan DPS hasil perbaikan  sekaligus DPT di tingkat desa/kelurahan, tanggal 8-10 April,” jelas Nazir.

Kata Nazir, KPU Sumut akan memanggil seluruh KPU Kabupaten/Kota se Sumatera Utara. “Berapa pun yang belum terkonfirmasi (NIK) akan disampaikan ke Kemendagri melalui KPU RI,” ujarnya. (kn-m08)

Related posts