Menkum HAM Maju Jadi Caleg Ditugasi PDI Perjuangan

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Yasonna Laoly.

KarakterNews.com – BOGOR – Berdasarkan catatan, terdapat tujuh Menteri Kabinet Kerja menjadi calon legislatif (caleg) pada Pemilihan Legislatif 2019. Para Menteri maju sebagai caleg, karena disuruh partai politik dan sudah mendapat restu dari Presiden RI, Joko Widodo.

Menteri Hukum dan HAM, Yassona H. Laoly menjelaskan, dirinya maju menjadi caleg karena ditugasi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk kembali berjuang di parlemen. Memang, sebelum menjadi menteri, Yassona pernah menjadi wakil rakyat di Senayan.

“Iyaa gmana, orang politik darahnya begitu,” tutur Yassona, di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (18/7/2018).

Yassona mengaku telah melapor kepada Presiden untuk meminta izin. “Saya akan tetap fokus kerja, dan mengatur jadwal sosialisasi dengan baik,” ujar caleg dari Dapil Sumut 1 ini.

Pria dari Kepulauan Nias ini menegaskan, dirinya akan membentuk tim dan anggota, yang nantinya dikontrol dari jauh. Yasonna memastikan akan profesional dan mengelola waktu dengan baik. “Saya datang sekali, minta izin Presiden dan tidak menggunakan fasilitas negara,” ungkap Yassona.

Pada saat yang sama, Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri juga mengaku telah menyampaikan izin kepada Presiden, dan pada prinsipnya tetap fokus pada kerja sebagai menteri terlebih dahulu. “Partai (Partai Kebangkitan Bangsa) memang mendorong, terus diminta untuk menyetor syarat-syarat, ya sudah saya serahkan,” sebutnya.

Supaya tetap fokus, Hanif Dhakiri mengaku telah mengatur dan mengajukan ke Presiden jadwal cuti untuk sosialisasi di daerah pemilihan.

Hal yang sama juga disampaikan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Sanjoyo diminta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk maju dalam Pileg mendatang. “Saya hanya akan sosialisasi pada akhir pekan saja,” tuturnya.

Ke-tujuh Menteri Kabinet Kerja yang maju nyaleg di Pileg 2019, masing-masing Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani (PDIP), Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly (PDIP), Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi (PKB), Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri (PKB), Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo (PKB), Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (PPP) dan MenPAN-RB Asman Abnur (PAN). (bns/kn-m09)

Related posts