September 24, 2018

Melalui E-Government, Pemda Tingkatkan Pelayanan Publik

Gubsu Tengku Erry Nuradi bersama Wagub Sumut Hj Nurhajizah Marpaung dan Sekdaprovsu Hasban Ritonga foto bersama, seusai upacara peringatan Hari Otda ke 21 tahun.

KarakterNews.com – MEDAN – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahyo Kumolo menegaskan, Pemerintah Daerah (Pemda) harus fokus pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui kualitas pelayanan publik, peningkatan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan perekonomian daerah.

“Setiap pemerintah daerah harus senantiasa berupaya meningkatkan kinerja untuk mengatasi berbagai hambatan dalam pelaksanaan otonomi daerah,” kata Mendagri, dalam sambutan tertulis yang dibacakan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), H Tengku Erry Nuradi, ketika memimpin upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke 21 tahun  di Lapangan Upacara Kantor Gubernur, Selasa (25/4/2017), dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Hj Nurhajizah Marpaung, Sekdaprovsu Hasban Ritonga, Kepala SKPD dan ASN Pemprovsu.

Dalam pelaksanaan otonomi daerah, pemerintah harus mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik sesuai dengan kepentingan masyarakat. Layanan publik harus dikelola berbasis teknologi informasi dan komunikasi atau electronic-government untuk memudahkan masyarakat memperoleh informasi secara cepat dan tepat.

Baca Juga:  Zona Kuning, Pemprov Sumut & Pemko Medan

Upaya peningkatan kinerja pelayanan publik berbasis e-Government, akan dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan daerah yang baik dan aparatur pemerintah daerah yang bersih. “Sesuai arahan Mendagri, pemerintah daerah melaksanakan e-government untuk pelayanan publik yang lebih baik,” ujarnya.

Dikatakan Gubsu Erry Nuradi, Pemda harus memiliki hubungan yang baik dengan seluruh stakeholder di daerah masing-masing, Pemda bisa melakukan pengelolaan pemerintahan dan keuangan yang baik. Prioritas-prioritas pembangunan di daerah diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat. (kn-m09)

Related posts