Manfaatkan ICT, Ibu Rumah Tangga dan Remaja Bisnis Online

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise. (ist)

KarakterNews.com – MANOKWARI – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yembise mengajak para kaum perempuan untuk berjualan secara online (dalam jaringan/daring) untuk memberdayakan diri dari segi ekonomi.

“Pengguna media sosial itu perempuan ada lebih dari 60 persen populasi dunia maya. Jika berjualan online tentu akan membantu secara ekonomi,” kata Yohana Yembise, di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Manokwari, di Manokwari, Sabtu (30/9/2017).

Kata Menteri PPPA Yohana Yembise, kalau perempuan mampu secara ekonomi tentu akan lebih baik, terlebih jika dibandingkan hanya bermain media sosial. “Dengan berjualan secara daring, perempuan bisa menggali kemampuan bisnis. Hal itu akan lebih baik bagi para perempuan, baik ibu rumah tangga (IRT) dan remaja, untuk menyibukkan diri berbisnis dengan memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi (Information and Communications Technology/ICT),” ungkapnya.

“Penggunaan ICT ini bisa positif, bisa negatif. Perempuan harus kejar info-info yang bisa bawa kita membuka wawasan, jangan sampai di lingkungan kita saja, tapi harus global,” kata Yohana Yembise.

Pemberdayaan perempuan dalam ICT, kata Yohana, selaras dengan visi Persatuan Bangsa-bangsa yang mendorong agar perempuan dapat memanfaatkan teknologi komunikasi dan informasi sehingga dapat mengikuti perkembangan global. Selain menggunakan ICT untuk berbisnis, para perempuan juga perlu berhati-hati dengan konten di dunia maya, karena sering ada persebaran berita yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan palsu. (an.c/kn-m10)

Related posts