Mahasiswa dan Dosen S2 UNPRI Didorong Buat Jurnal Nasional dan Internasional

Pendiri UNPRI Dr dr I Nyoman Ehrich Lister dan Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard foto bersama Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut-Aceh Prof Dian Armanto serta para pembicara, seusai kuliah perdana mahasiswa program pascasarjana.

KarakterNews.com – MEDAN – Guru Besar Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Prof Dr I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani SH MM memberi kuliah perdana terhadap mahasiswa pascasarjana (S2) Universitas Prima Indonesia (UNPRI) Medan.

Prof Gusti Ayu Ketut memberi dorongan kepada mahasiswa pascasarjana dan dosen UNPRI, membuat jurnal nasional dan internasional terakreditasi. “Jurnal nasional ini sangat penting bagi mahasiswa pascasarjana,” ujarnya, di Aula Kampus UNPRI Medan Jalan Ayahhanda, Medan.

Kuliah perdana ini dihadiri, Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut-Aceh Prof Dian Armanto MPd MA MSc, Guru Besar Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)  Prof Dr Teguh Prasetyo SH MSi,  Hakim Tinggi Dr Lilik Mulyadi SH MH, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Manado Dr Djaniko MH Girsang SH M, Pendiri UNPRI Dr dr I Nyoman Ehrich Lister MKes AIFM, Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn, Rektor UNPRI  Prof dr Djakobus Tarigan AAI DAAK,  Direktur Pascasarjana UNPRI Dr Azharudin SH MKn, Sekretaris Yusriando SH MH, dan Dekan Fakultas Teknologi dan Ilmu Komputer (FTIK) UNPRI Abdi Dharma SKom MKom serta Kepala Divisi Pemasaran Randy Raharja.

Baca Juga:  LPPM UNPRI Gelar Seminar, Kunci Penting Proposal Penelitian Dosen Dibiayai Ristekdikti

“Jurnal nasional ini mempunyai ciri diantaranya, menyebarkan hasil penelitian atau konsep ilmiah dan ditujukan kepada masyarakat. Sementara, jurnal internasional karya ilmiah yang diterbitkan ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan etika keilmuan. Artikel ilmiah bisa diterima di suatu jurnal ilmiah bertaraf internasional, artikel itu harus menjadi minat internasional, bukan hanya kepentingan lokal keuniversalan ilmu yang ditulis,” kata Prof Gusti Ayu Ketut.

Sebelumnya, kuliah perdana ini dibuka Koordinator Kopertis Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto MPd MA MSc, yang menyatakan mendukung kegiatan tersebut. “Kegiatan ini sangat berguna bagi mahasiswa pascasarjana UNPRI, utamanya dalam meningkatkan penulisan jurnal,” sebutnya.

“Kita berharap, kuliah yang diberikan Prof Dr I Gusti Ayu Ketut bisa meningkatkan kemampuan mahasiswa pascasarjana UNPRI untuk cepat selesai seperti yang diharapkan,” tutur Prof Dian Armanto.

Baca Juga:  Sosialisasi DRPM Kemenristek Dikti di UNPRI

Sementara itu, Direktur Pascasarjana UNPRI Dr Azharudin menjelaskan, tujuan kuliah perdana ini, untuk lebih memperkenalkan UNPRI  kepada para Mahasiswa Pasca Sarjana (S2) Fakultas Hukum angkatan pertama.

Untuk penulisan ilmiah, kata Dr Azharudin, pihaknya menghadirkan pakar dalam membuat jurnal ilmiah. Pada Program Pascasarjana, ada kewajiban bagi dosen dan mahasiswa  untuk mempublikasikan karya ilmiah di jurnal ilmiah terakreditasi nasional dan internasional. “Semoga mahasiswa pascasarjana UNPRI dapat memahami materi yang disampaikan oleh pakar-pakar yang profesional, sehingga dapat menyelesaikan studinya dalam waktu 2 tahun,” kata pria berkacamata ini.

Terkait kuliah perdana ini, Ketua BPH UNPRI Dr Tommy Leonard SH MKn yang ditemui wartawan, Rabu (5/4/2017) mengemukakan, kuliah perdana untuk tahun angkatan 2017-2018 ini  merupakan kegiatan rutin yang dilakukan program pascasarjana setiap awal masa perkuliahan.

Baca Juga:  9 Dosen UNPRI Medan Ikuti Program Doktor of Philosophy di UUM

Materi yang diberikan berkaitan dengan kebijakan, sistem dan proses pembelajaran yang diterapkan di Program Pascasarjana UNPRI. Sebagai mahasiswa baru di program pascasarjana, perlu diberikan informasi awal berkaitan dengan peraturan dan kebijakan yang harus diketahui sebelum para mahasiswa mengikuti kuliah di program studinya,” ungkap Tommy Leonard.

Tokoh Pendidikan Sumut ini berharap, Pasasarjana UNPRI harus menghasilkan lulusan Magister yang mampu melakukan penelitian, memahami teori dan metodologi sebagai pendekatan menghadapi berbagai permasalahan di berbagai bidang. (kn-m09)

Related posts