Mahalnya Harga Benih Bawang Putih, Pengusaha Ngeluh

Benih bawang putih mahal. (ist) .

KarakterNews.com – JAKARTA – Mahalnya harga benih bawang putih di dalam negeri, mulai dikeluhkan pengusaha bawang putih. Pasalnya, ada kewajiban bagi para importir untuk menanam komoditas tersebut.

Ketua Asosiasi Pengusaha Bawang Putih (APBI), Piko Nyoto menuturkan, saat ini harga benih bawang putih di dalam negeri lebih mahal dibandingkan dengan harga benih yang berasal dari luar negeri alias impor.

Terkait hal itu, Piko Nyoto meminta Pemerintah untuk melakukan pembinaan kepada para pelaku usaha untuk melakukan budidaya tanaman tersebut. “Sekarang ini, harga benih bawang putih dalam negeri mahal bisa mencapai Rp 60.000 per kilogram, sedangkan impor Rp 20.000 per kilogram,” sebutnya, Jumat (4/8/2017).

Piko mengklaim, harga bawang putih sudah berada dalam kondisi normal atau stabil. Dimana, harga di tingkat distributor rerata Rp16.000 per kilogram, sedangkan di tingkat konsumen Rp 20.000 per kilogram.

Saat ini, kata Piko Nyoto, impor masih tetap dilakukan. Sebagian besar barang yang masuk berasal dari China. “Kualitas bawang China digemari konsumen Indonesia. Bahkan, secara kualitas dan harga juga cocok,” ujarnya.

Dari informasi dihimpun, Kementerian Pertanian menyebut kebutuhan bawang putih nasional sebanyak 500.000 ton per tahun. Kuota yang dapat dipenuhi dari pasokan dalam negeri hanya 20.000 ton per tahun. Mulai Tahun 2018, importir bakal diwajibkan oleh Pemerintah untuk menanam bawang putih. Kesanggupan itu akan dinyatakan dalam rekomendasi impor. Luas tanam bawang putih nasional hanya 2.000 hektare dengan produktivitas 10 ton per hektare. (bns.c/kn-m10)

Related posts