November 23, 2017

Lampu Solar Cel Di Binjai Padam, Padahal Berbiaya Rp 5 Miliar

lampu_resizeKarakternews.com – Lampu penerangan jalan disepanjang Jalan Sukarno-Hatta, Kecamatan Binjai Timur, awalnya memiliki arus listrik dari PLN. Kemudian oleh Walikota Binjai HM Idaham, sejak tahun 2010 hingga 2015, lampu penerangan dirubah dengan lampu solar cel (tenaga matahari-red), proyek berbiaya senilai Rp 5 miliar. Namun, kondisinya sekarang terkesan mubazir dan tidak efektif lagi. Pasalnya, sudah hampir setahun ini lampu solar cel banyak tidak hidup lagi sebagai penerangan jalan.

Kepada wartawan, Rabu (6/1/2016), Direktur Eksekutif LSM For Peoples Kota Binjai, Samsudin Damanik dan Direktur Eksekutif LSM P3H SU Kota Binjai, Mhd. Jaspen Pardede menuturkan, pihaknya melakukan pengecekan ke lokasi pada malam hari, ternyata ditemukan ada 60 bola lampu solar cell tidak hidup. Anehnya, pihak Pemko Binjai tidak mampu mengatasinya atau seperti terjadi pembiaran dengan putusnya bola lampu tersebut.

“Banyak masyarakat mengeluhkan dengan kondisi jalan disekitar Sukarno-Hatta yang merupakan pintu masuk menuju kota Binjai, kondisinya gelap gulita pada malam hari, sehingga membuat warga Binjai khawatir bila melewati jalan itu karena gelap. Bahkan, warga Binjai mengkhawatirkan aksi kejahatan bisa terjadi dilokasi yang gelap,” ungkap Samsudin Damanik, seraya mengemukakan, padahal proyek lampu solar cel itu menelan biaya miliar rupiah, sewaktu Kota Binjai dijabat mantan Walikota Binjai Idaham, dengan dalih menghemat biaya rekening Pemko Binjai ke PLN.

Dengan kondisi ini, LSM For Peoples dan LSM P3H SU Kota Binjai meminta kepada Instansi penegak hukum, supaya melakukan penyidikan dan penyelidikan terkait proyek Lampu Solar Cel berbiaya Rp 5 miliar, sebab lampu penerangan jalan dengan biaya cukup mahal ini, dinilai mubazir dan pemborosan uang negara karena banyak lampunya yang tidak hidup lagi. Padahal, sewaktu lampu jalan ini memakai arus listrik dari PLN, tidak ada terjadi masalah dengan Lampu penerangan jalan disepanjang Jalan Sukarno-Hatta, Kecamatan Binjai Timur. (kn.m08)

Related posts