September 22, 2018

Kuliah Umum di FAI UISU, Lulusan Pendidikan Agama Jangan Berpikir Domestik

Medan – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Sumatera Utara, Drs H Tohar Bayoangin MAg meminta lulusan pendidikan agama, seperti Madrasah dan Fakultas Agama, tidak berpikir domestik, sebaliknya harus mampu berpikir luas.

Pembantu Rektor IV UISU Dra Asnawati Matondang MSP, saat menyerahkan plakat kepada Kakankemenag Sumut, Drs H Tohar Bayoangin M.Ag, disaksikan Pengurus Yayasan UISU, Syahrial Ams SH MHum.
Pembantu Rektor IV UISU Dra Asnawati Matondang MSP, saat menyerahkan plakat kepada Kakankemenag Sumut, Drs H Tohar Bayoangin M.Ag, disaksikan Pengurus Yayasan UISU, Syahrial Ams SH MHum.

“Stigma orang, lulusan madrasah atau pendidikan agama kampungan, itu tidak benar. Namun, stigma jelek itu harus orang pendidikan agama sendiri yang menghapusnya. “Lulusan pendidikan agama harus berpikir out of the box, jangan in of the box, seperti katak dalam tempurung,” tegas Tohar Bayoangin, saat memberi kuliah umum di hadapan civitas akademika Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sumatera Utara (FAI UISU), Kamis (29/10/2015) di Gedung Auditorium UISU Jalan SM Raja Medan.

Baca Juga:  UISU Peringati Nuzul Quran & Buka Puasa Bersama Pangdam I/BB

Kata H Tohar Bayoangin yang merupakan Alumni FAI UISU ini, hal yang harus ditingkatkan oleh orang-orang yang mengenyam pendidikan di institusi agama, adalah kompetensi. Dengan kompetensi, maka lulusan sekolah agama tidak akan berakhir hanya menjadi guru mengaji, seperti stigma orang selama ini. “Buktinya, banyak orang yang berhasil, tokoh politik, pejabat, punya latar belakang pendidikan di sekolah agama,” sebutnya.

Diakui Tohar, dirinya tidak malu, bahkan bangga bahwa dirinya adalah produk sekolah agama. “Kuncinya kita mau terus belajar, meningkatkan kompetensi. Momen ini saya rasa tepat bagi kita untuk membangun kekuatan, membesarkan FAI, asal kita semua tidak cengeng dan mau meninggalkan masa lalu yang membuat kita tidak berkembang,” ungkapnya.

Baca Juga:  P2K2 UISU Dipercaya Jadi Pusat Gerakan Kewirausahaan Nasional

Kuliah umum tersebut dihadiri Ketua Yayasan UISU diwakili Syahrial Ams SH MHum, Pembantu Rektor IV UISU Dra Asnawati Matondang MSP, Pembantu Rektor V Drs H Syarifuddin Elhayat MA, Dekan FAI UISU Drs Burhanuddin Sitompul MA serta Ketua Panitia Drs Ramlan Padang, dan pembicara lainnya, Guru Besar FAI UISU Prof Dr H Haidar Daulay MA dan Ketua Pengadilan Agama Lubukpakam, Drs Amir Hamzah SH. (kn/m-08)

Related posts