KPU Sumut Verifikasi Faktual Perindo dan PSI Diawasi Bawaslu

Kordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Sumut, Aulia Andri, saat melakukan pengawasan verifikasi partai politik yang dilakukan Kabag Hukum KPU Sumut, Maruli Pasaribu,SH. (ist)

KarakterNews.com – MEDAN – Badan Pengawas Pemilu Provinsi Sumatera Utara (Bawaslu Sumut) mengawasi tahapan verifikasi faktual Partai Politik (Parpol) calon peserta Pemilu Tahun 2019, untuk memastikan kebenaran proses dan faktualisasi kepengurusan parpol di tingkat Provinsi.

“Pengawasan melekat ini melihat langsung proses verifikasi yang dilakukan KPU Sumut. Kita melihat prosedur dan bukti-bukti kepengurusan,” kata Kordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Sumut, Aulia Andri kepada wartawan, seusai mengawasi proses verifikasi faktual Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Kantor DPW PSI Sumut Jalan Karya Kasih, Kota Medan, Selasa (19/12/2017).

Pengawasan langsung di kantor pengurus tingkat provinsi ini untuk melihat apakah kepengurusan sudah memenuhi syarat, yakni kebenaran kepengurusan secara faktual, keterwakilan 30% perempuan di kepengurusan, status kepemilikan atau kontrak kantor hingga Pemilu 2019 dan keterangan domisili kantor dari pihak Kelurahan.

Baca Juga:  Akhir Mei 2018, Bawaslu Sumut Tangani 182 Dugaan Pelanggaran

Sebelumnya, pada Senin (18/12/2017) Bawaslu Sumut juga mengawasi verifikasi faktual kepengurusan Partai Persatuan Indonesia (Perindo) di Jalan Cut Nyak Dien, Kota Medan. “Pengawasan melekat menjadi satu diantara strategi pencegahan. Dalam proses ini, hingga penetapan partai peserta pemilu, berpeluang adanya pelanggaran dan juga sengketa. Mudah-mudahan tidak ada masalah,” tutur Aulia Andri.

Sementara itu, Ketua KPU Sumut Mulia Banurea mengemukakan, verifikasi faktual kepengurusan dilaksanakan kepada dua partai politik yang lulus penelitian administrasi. Selanjutnya, hasil verifikasi faktual akan disampaikan kepada partai bersangkutan dan dokumennya disampaikan kepada KPU RI,” paparnya.

Sedangkan Anggota KPU Sumut Nazir Salim Manik yang turut dalam verifikasi ke Kantor DPW Perindo menjelaskan, dalam verifikasi yang dilakukan KPU Sumut untuk partai tingkat provinsi, ada tiga hal yang diverifikasi yakni kepengurusan, keterwakilan perempuan dan domisili kantor.

Baca Juga:  Pilkada Tapanuli Tengah & Tebing Tinggi 'Zero Tolerance'

“Apa yang ditemukan dalam verifikasi ini akan ditindaklanjuti nantinya dalam rapat pleno KPU Sumut. Nanti setelah pleno, akan dilaporkan ke KPU RI,” kata Nazir Salim Manik, seraya menambahkan, sesuai pengumuman KPU RI, ada dua Parpol di Sumut yang akan diverifikasi secara faktual oleh KPU Sumut dan KPU kabupaten/kota. (kn-m09)

Related posts