KPK “Tewas” 16 Desember, Tersangka Lepas Demi Hukum

Busyro_resizeKarakternews.com – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) diingatkan agar segera memilih dan menetapkan lima nama dari sepuluh calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK).

Peringatan ini disampaikan mantan Wakil Ketua KPK, Busyro Muqoddas, saat dikonfirmasi, Selasa (15/12/2015) malam. “Ini sangat penting ada pimpinan baru di lembaga antirasuah sebelum 16 Desember. Kalau pada hari Rabu, 16 Desember 2015, pimpinan baru belum disumpah, maka ada kekosongan kewenangan. Maka dampaknya, semua tersangka yang kasusnya sedang ditangani KPK bisa lepas demi hukum,” tegasnya.

“Contohnya, bila ada perpanjangan masa tahanan, harus tanda tangan pimpinan. Tidak ada pimpinan, ya lepas demi hukum,” tandas Busyro Muqoddas, yang mengaku mulai geram dengan kinerja Komisi III DPR RI yang dianggap mengulur-ulur waktu dalam seleksi calon pimpinan KPK.

Baca Juga:  Negara Rugi Rp 10 M, Tersangka Kasus PT Mobile8 Segera Ditetapkan

Padahal, kata Busyro Muqoddas, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sudah lama menyerahkan delapan nama ditambah dua nama yang sudah diseleksi sebelumnya kepada Komisi III DPR RI. “Nampaknya, DPR mulai melakukan langkah yang lambat sejak awal, kan sudah lama diserahkan, mengapa prosesnya diperlambat? Harusnya, saat ini sudah selesai dengan adanya Pimpinan KPK yang baru,” paparnya.

Secara terpisah, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) non aktif, Bambang Widjojanto mengingatkan kepada Komisi III DPR RI, untuk segera dan secepatnya memilih 5 nama dari 10 nama calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi. “Intinya, hingga 16 Desember ini, nggak ada juga pimpinan baru, KPK “meninggal dunia” alias tewas atau KPK ‘rest in peace’,” pungkasnya.

Baca Juga:  Tersangka Jalani Pemeriksaan, Ketua Yayasan Masjid Agung 'Kejang-Kejang'

Terkait lambatnya Pimpinan KPK yang baru terpilih dan dilantik Presiden, disisi lain, Bambang menuding Komisi III DPR RI sengaja mengulur proses seleksi calon pimpinan KPK. Pasalnya, Panitia Seleksi sudah lama menyerahkan hasil seleksi kepada Komisi III.(kn/j.09)

Related posts