Komjen Iriawan Resmi Jadi Pj Gubernur Jabar

Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo saat melantik Komisaris Jenderal Mochammad Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat, berlangsung di Gedung Merdeka, Bandung, Senin (18/6/2018). (ist)

KarakterNews.com – BANDUNG – Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo melantik Komisaris Jenderal (Komjen) Mochammad Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat, yang berlangsung di Gedung Merdeka, Bandung, Senin (18/6/2018).

Pelantikan Komjen M Iriawan, sesuai dengan surat Keputusan Presiden Nomor 106/P/2018 tentang pemberhentian dengan hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar periode 2013-2018 dan pengangkatan Pj Gubernur.

“Dengan mengucapkan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas rahmat dan karuniaNya, pada hari ini Senin tanggal 18 Juni 2018, saya Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia, dengan resmi melantik saudara Komisaris Jenderal Mochammad Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 106/P tahun 2018 Tanggal 18 Juni 2018,” ucap Mendagri Tjahjo Kumolo, saat menyampaikan pidatonya.

Baca Juga:  Mendagri : Gubsu Perintahkan Wabup Batubara Laksanakan Tugas Sebagai Plt Bupati

Pelantikan tersebut sebagai tanda era kepemimpinan Ahmad Heryawan dan Dedi Mizwar, selaku Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Barat pada masa jabatan 2013-2018 resmi berakhir.

Proses pelantikan dimulai sekitar pukul 10.15 WIB, yang dipimpin langsung oleh Mendagri. Dalam pelantikan tersebut, mantan Kapolda Metro Jaya ini terlihat gagah menggunakan Pakaian Dinas Upacara (PDU).

“Sebelum saya mengambil sumpah jabatan, apakah saudara Komjen Pol M Iriawan bersedia dilantik sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat,” tanya Tjahjo Kumolo.

Dengan lantang dan tegas, M Iriawan menyatakan siap untuk diambil sumpah dan dilantik sebagai Pj Gubernur Jabar. “Siap,” jawab Iriawan.

Selanjutnya, Mendagri Tjahjo Kumolo mengambil sumpah jabatan sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 106/P/2018 tentang Pengesahan Pemberhentian dengan hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar 2013-2018 dan pengangkatan Pj Gubernur Jabar.

Baca Juga:  Hingga Pertengahan 2017, Batas Waktu Perekaman Data KTP El

Setelah pengambilan sumpah, proses pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan fakta integritas. Setelah itu ditutup dengan penyematan tanda pangkat.

Dalam kata-kata pelantikannya, Tjahjo Kumolo yakin M Iriawan mampu menjalankan tugas sebagai Pj Gubernur Jabar dengan baik. “Saya percaya anda akan menjalankan tugas sebaik-baiknya sebagai Penjabat Gubernur,” ujarnya. (kn-m09)

Related posts