Khusus Kabupaten Nias Diperpanjang, Daerah Lain Pendaftaran Ditutup

Tim Seleksi calon anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwas/Panwaslu) Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Utara, foto bersama. (ist)

KarakterNews.com – MEDAN – Tim Seleksi calon anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwas/Panwaslu) Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Utara, memperpanjang waktu pendaftaran untuk Kabupaten Nias, sedangkan daerah lain pendaftaran ditutup.

Ditambahnya waktu pendaftaran, dikarenakan masih minimnya peminat masyarakat menjadi Panwas/Panwaslu di Kabupaten Nias. Pasalnya, sampai penutupan pendaftaran pada pemeriksaan berkas yang dilakukan, Rabu (5/7/2017), jumlah pendaftar di Kabupaten Nias belum memenuhi kuota, yakni berjumlah 7 orang peserta.

Sekretaris Timsel untuk zona III, Faisal Mahrawa kepada wartawan menjelaskan, perpanjangan masa pendaftaran ini berlangsung sesuai dengan jadwal yang telah disusun sebelumnya, yakni 3 Juli sampai 7 Juli 2017 mendatang.

“Kita berharap kuota minimal calon Panwaslu akan tercukupi selama perpanjangan masa pendaftaran. Idealnya, minimal ada 12 orang yang ikut mendaftar, sebab nantinya akan diseleksi hingga menghasilkan  6 nama yang akan diajukan kepada Bawaslu Sumut,” kata Faisal Mahrawa.

Baca Juga:  Kalimat 'Kita Lihat Nanti Ya Lae', Tim Asistensi Bawaslu Sumut Dijatuhi Peringatan Keras

Setelah masa perpanjangan, disebutkan Faisal, Tim Seleksi akan mengumumkan hasil pemeriksaan berkas kelengkapan seluruh calon anggota Panwas/Panwaslu Kabupaten/Kota se Sumatera Utara yang sudah mendaftar.

“Calon-calon anggota yang dinyatakan lulus berkas akan mengikuti ujian tertulis, akan digelar pada tiga lokasi sesuai wilayah pembagian Kabupaten/Kota tempat mendaftar. Sedangkan soal ujian akan langsung dibawa dari Bawaslu RI, sehingga Tim Seleksi hanya mengawasi proses ujian tertulis,” tegas Faisal Mahrawa.

Untuk lokasi ujian bagi peserta dari Zona I, masing-masing Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kota Binjai, Tebing Tinggi, Serdang Bedagai, Pematang Siantar, Karo, Dairi, Langkat, Simalungun dan Pakpak Bharat akan digelar di Kota Medan.

Untuk ujian bagi peserta dari Zona II, yakni – Kabupaten Asahan, Batubara, Labuhan Batu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Mandailing Natal, Padang Lawas, Padang Lawasn Utara, Tapanuli Selatan, Padang Sidempuan dan Tanjung Balai, digelar di Kota Rantau Prapat.

Baca Juga:  Bawaslu Sumut Evaluasi Kinerja Panwas Pilkada 23 Kabupaten/Kota

Untuk ujian bagi peserta dari Zona III, yakni – Humbang Hasundutan, Nias, Nias Barat, Nias Utara, Nias Selatan, Samosir, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Toba Samosir, Gunung Sitoli dan Sibolga akan digelar di Kota Sibolga. (kn-m07)

Related posts