Kepedulian PT TPL Bersama Warga, Aktivitas Enam Desa Kembali Normal

Siswa SD sedang melalui jembatan penghubung Desa Narumonda VI menuju Narumonda III, yang sebelumnya rusak selama tiga tahun, kini sudah selesai diperbaiki dan bisa dipergunakan oleh masyarakat.
Siswa SD sedang melalui jembatan penghubung Desa Narumonda VI menuju Narumonda III, yang sebelumnya rusak selama tiga tahun, kini sudah bisa dipergunakan oleh masyarakat.

KarakterNews.com – Aktivitas masyarakat dari enam Desa, Kecamatan Siantar Narumonda, Kabupaten Tobasamosir, sudah kembali normal. Pasalnya, jalur infrastruktur jembatan penghubung Desa Narumonda VI menuju Narumonda III, selama lebih kurang tiga tahun rusak, akhirnya selesai diperbaiki dan sudah bisa dipergunakan oleh masyarakat.

Posisi Desa Narumonda VI yang berada dipinggiran aliran sungai Aek Bolon, salah satu anak sungai Asahan yang memiliki hulu Danau Toba, dimana jembatan penghubung antar desa ini sudah rusak karena faktor usia, dan mulai bertambahnya jumlah arus kendaraan keluar-masuk menuju perlintasan jalan Provinsi.

“Saya selaku kepala desa sangat bersyukur, jembatan penghubung antar desa sudah rampung diperbaiki berkat perhatian dan kerjasama, antara masyarakat dan kepedulian dari perusahaan PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL),” ungkap Donrom Marpaung, Kepala Desa Narumonsa VI, pada Kamis kemarin, dalam acara serah terima bersama pihak TPL.

Baca Juga:  Kepedulian PT TPL di Kecamatan Parmaksian, 54 Titik Lampu Jalan Diperbaiki

Dikemukakan Donrom Marpaung, perbaikan jembatan sangat penting bagi masyarakat, sebab berpengaruh dengan perlintasan angkutan transportasi, yang membawa hasil pertanian warga. “Ada 166 kepala keluarga yang hidup dari hasil pertanian untuk dibawa ke sejumlah pasar tradisional,” ujarnya.

“Dengan pengerjaan perbaikan jembatan yang dilakukan selama lebih kurang 30 hari, dengan biaya senilai Rp 97 juta, dengan panjang jembatan delapan meter dan berpondasi besi baja ini, dikerjakan oleh CV Lestari Buana perusahaan milik masyarakat setempat,” ujarnya Marpaung.

Meskipun berjarak lebih kurang 30 KM dari pabrik TPL di Kecamatan Parmaksian, tapi biaya pengerjaannya diberikan oleh pihak TPL perusahaan industri penghasil pulp di Tapanuli, melalui dana Commodity Development (CD).

Baca Juga:  Kepedulian PT TPL di Kecamatan Parmaksian, 54 Titik Lampu Jalan Diperbaiki

Manager Corporate Social Responsibility (CSR) Jasmin Parhusop didampingi Humas TPL Juliandri Hutabarat, Jerry Tobing dan Jupri Sibuea menyebutkan, perbaikan jembatan sebagai akses jalan pedesaan adalah tanggung jawab kita bersama. “Dalam hal ini TPL merasa ikut prihatin dengan kondisi jembatan yang rusak dan melakukan respon perbaikan,” ungkapnya.

Sekedar diketahui, kata Jasmin Parhusop, Desa Narumonda VI dipisahkan oleh aliran sungai Aek Bolon yang merupakan anak sungai Asahan, dengan wilayah hulunya adalah Danau Toba. Sungai Aek Bolon berasal dari mata air Dolok Simangkok, selama ini berfungsi sebagai sumber air persawahan di Kecamatan Siantar Narumonda. (rel/kn-m08)

Related posts