Kepala ORI Sumut : Konsultasi Kepada Kemendikbud Tak Perlu Lagi

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, Abyadi Siregar. (ist)

KarakterNews.com – MEDAN – Ombudsman Republik Indonesia (ORI) Perwakilan Sumatera Utara menilai konsultasi kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), soal penyelesaian masalah siswa SMAN 2 dan SMAN 13 yang diterima di luar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tahun 2017 tak perlu dilakukan lagi.

“Konsultasi ke Kemendikbud tidak perlu dilakukan lagi. Karena sebelumnya sudah berulangkali Disdik konsultasi ke Kemendikbud,” kata Abyadi Siregar, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut, saat menjawab pertanyaan wartawan di ruang kerjanya, Rabu (24/1/2018).

Disebutkan Abyadi, konsultasi itu sudah pernah dilakukan. Bahkan, orang tua siswa dan anggota DPRD Sumatera Utara (Komisi E) sudah pernah konsultasi. Jawaban Kemendikbud adalah kembali ke Pemerintah Provinsi (Pemprov). “Dengan alasan itu, maka konsultasi yang dilakukan membuang energi dan waktu,” tegasnya.

Baca Juga:  Kemendikbud Siapkan Hadiah Rp 80 Juta, Ciptakan Lagu

Diketahui sebelumnya, Wakil Gubernur Sumut, Hj Nurhajizah Marpaung, sewaktu rapat penyelesaian masalah PPDB di luar online di SMA Negeri 2 Medan dan SMA Negeri 13 Medan Tahun Ajaran 2017/2018 di gedung Binagraha Pemprov Sumut, pada Selasa (23/1/2018) mengajak perwakilan orang tua siswa SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 13, Dinas Pendidikan Sumut, dan pihak berkompeten agar konsultasi kepada Kementerian Pendidikan Nasional di Jakarta, terkait penyelesaian masalah PPDB di luar online.

Bahkan, pada rapat yang dihadiri Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait, Wadir Reskrimsus Polda Sumut, AKBP Roni Samtana dan beberapa siswa dan orangtua, dikemukakan Wagubsu, Pemprov Sumut belum dapat memutuskan langsung persoalan diskresi, karena pihaknya harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada Kementerian Pendidikan. (kn-08)

Related posts