November 23, 2017

Kejurnas Arung Jeram Dongkrak Kunjungan Wisata Sumut

Langkat – Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara (Plt. Gubsu) Ir H Tengku Erry Nuradi M.Si berharap potensi sungai dan olahraga arung jeram (rafting) mampu mendongkrak tingkat kunjungan wisata ke Sumatera Utara. Apalagi, Sumatera Utara kaya akan potensi sungai yang memiliki karakteristik unik dan sangat mendukung sebagai lokasi olahraga arus deras, diantaranya Sungai Asahan di perbatasan Desa Tangga Kabupaten Asahan dan Parhitean Kabupaten Toba Samosir, Sungai Wampu di Kabupaten Langkat, Sungai Bah Bolon di Kabupaten Deliserdang, Sungai Batang Toru di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sungai Lae Kambih di Kabupaten Pakpak Bharat dan Sungai Renun di Kabupaten Dairi.

Harapan ini disampaikan H.T. Erry Nuradi, saat membuka Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Arung Jeram R4 di Sungai Bingei, Kabupaten Langkat, Senin (26//10/2015), dihadiri Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu, Ketua Pengurus Daerah (Pengda) Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Sumut Soekirman, Ketua Harian Pengda FAJI Sumut Ade S Chandra, Ketua Panitia Kejurnas Arung Jeram R4 Mayor Marinir Farrick, Wakil Komandan (Wadan) Lantamal I Belawan Kolonel Marinir Prasodjo, Kapolres Langkat AKBP Mulya Hakim, Dandim 0203/Binjai Langkat Letkol Roy Jansen Sinaga dan seratusan atlet arung jeram dari sejumlah daerah.

Baca Juga:  Juara Piala Kemerdekaan, Legimin Pahlawan ‘Ayam Kinantan’

“Saya optimis, Kejurnas Arung Jeram R4 akan membangkitkan kembali olahraga ketangkasan arung jeram di Sumatera Utara setelah sekian lama sempat fakum. Untuk mewujudkan itu,diimbau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemko Kota (Pemko) yang memiliki sungai, agar mendukung perkembangan olahraga arung jeram di daerahnya masing-masing.

“Mari kita jadikan Kejurnas ini menjadi titik awal kebangkitan arung jeram di Sumut. Dengan begitu, FAJI Sumut harus melakukan pembinaan terhadap club-club arung kejam yang ada di Sumut. Jika memungkinkan, olahraga arung jeram juga diminati pelajar tingkat SMA, sebagai bentuk upaya mengantisipasi ancaman narkoba yang kini telah merusak generasi muda,” saran Erry Nuradi.

Pada kesempatan itu, Plt. Gubsu menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat dan Pemerintah Kota (Pemko) Binjai yang terlibat aktif dalam mendukung terselenggaranya Kerjurnas Arung Jeram R4 2015 Sumut di Sungai Bingei.

Baca Juga:  KONI Sumut Dukung Pemerintah Provinsi Bangun Sport Centre

arungjeram2

Sementara Ketua Pengda FAJI Sumut, Soekirman menjelaskan, Kejurnas Arung Jeram R4 Sungai Bingei Sumut 2015 diikuti 22 tim dari 10 provinsia diantaranya Sumut, Aceh, Jambi, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Jabar, Banten dan Jawa Tengah. “Sungai Bingei dipilih menjadi tuan rumah karena letak geografisnya strategis bagi para peserta arung jeram. Sei Bingei juga memberikan tantangan tersendiri bagi peserta,” ujarnya.

Kejurnas Arung Jeram R4 2015 Sumut, memperlombakan nomor Sprint, Head to Head, Slalom dan Down River Race akan berlangsung selama 5 hari sejak 26 hingga 29 Oktober 2015 mendatang. Kelas yang dipertandingkan dalam tiga kategori yaitu Kelas Open sebanyak 18 tim putera dan 6 tim puteri, Kelas Youth diikuti 4 tim putera dan 4 tim puteri dan Kelas Junior diikuti 4 tim putera dan 4 tim puteri. Kejurnas Arung Jeram R4 Sungai Bingei Sumut 2015 memperebutkan total hadiah Rp 80 juta. (kn/lk-06)

Related posts