Kejari Simalungun Didemo, Tuntut Eksekusi Amran Sinaga

demotuntut_resizeKarakternews.com – Puluhan massa dari Lembaga Aspirasi Seruan Rakyat Siantar Simalungun bersama masyarakat dan koalisi organisasi kemasyarakatan, melakukan aksi unjukrasa menuntut Kejaksaan Negeri (Kejari) Simalungun segera mengeksekusi terpidana Ir. Amran Sinaga, sekarang ini menjadi calon Wakil Bupati Simalungun pada Pilkada Serentak 2015, untuk menjalani hukuman selama 4 tahun penjara, Kamis (4/12/2015).

“Demi penegakan hukum berkeadilan tanpa pandang bulu, kami meminta Kejari Simalungun segera melaksanakan perintah Mahkamah Agung Republik Indonesia (MA), berdasarkan putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia (MARI) Nomor : 194.K/Pid.Sus/2012 tertanggal 22 September 2014,” kata Kordinator aksi, Mara Salem, melalui pengeras suara.

Para pendemo menuding Kejari Simalungun terkesan lambat bekerja. “Kami menuntut agar Kejari Simalungun sebagai lembaga penegakan hukum yang punya wewenang mengeksekusi terpidana Amran Sinaga, agar melaksanakan putusan Mahkamah Agung,” tegas pendemo.

Baca Juga:  Kejari Simalungun Tahan Ronald Sitanggang di Rutan Perumnas Batu VI

Sebelumnya, Kasipidum Simalungun, Angga menyatakan, Kejaksaan Simalungun masih menunggu petunjuk dari Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara untuk mengeksekusi terpidana Amran Sinaga yang kini menjadi calon Wakil Bupati (Cawabup) Simalungun.

“Kami masih menunggu petunjuk dari Kejati Sumut terkait pelaksanaan eksekusi terpidana Amran Sinaga. Saat ini Kejati Sumut masih pada tahapan meminta jaminan keamanan dari Muspida setempat,” sebut Angga di Kantor Kejaksaan Simalungun, Kamis (3/12/2015).

Kepastian akan kasus terpidana Amran Sinaga yang divonis 4 tahun penjara ini, akan diputuskan hari Senin depan. “Senin (7/12/2015), Kejari Simalungun akan memberikan konprensi persnya terkait kasus ini, apakah dieksekusi atau tidak nanti ditentukan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kasi Intel Kejari Simalungun, Parulian Kertagama SH menegaskan, terpidana Amran Sinaga tetap akan dieksekusi, sebab sudah mempunyai kekuatan hukum tetap. “Hukuman kurungan penjara akan tetap dilaksanakan, karena sudah punya kekuatan hukum tetap,” ujarnya, kepada wartawan, Rabu (2/12/2015).

Baca Juga:  Tak Ada Alasan, Jaksa Segera Eksekusi Terpidana Amran Sinaga

Parulian Kertagama SH mengakui, pihaknya sudah menerima salinan putusan dari PN Simalungun. Bahkan, Kejari Simalungun sedang berkordinasi dengan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut). “Kita sudah melayangkan surat ke Kejati Sumut melalui Kasi Pidum dan hingga sekarang pihak Kejati Sumut belum ada kabar, seperti apa,” ungkapnya. (kn/m-007)

Related posts