December 17, 2017

Kata Politisi PAN, “Silahkan, Presiden Perpanjang Jabatan Kapolri”

Presiden Joko Widodo, saat menandatangani Surat Keputusan, seusai melantik Kapolri Badrodin Haiti di Istana Negara, pada Jumat (17/4/2015) lalu.
Presiden Joko Widodo, saat menandatangani Surat Keputusan, seusai melantik Kapolri Badrodin Haiti di Istana Negara, pada Jumat (17/4/2015) lalu.

KarakterNews.com – Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Mulfachri Harahap mengemukakan, Presiden diperbolehkan memperpanjang masa jabatan Kapolri, apabila yang bersangkutan memiliki kualifikasi atau kecakapan khusus.

“Dalam undang-undang, Presiden boleh memperpanjang masa dinas seorang Polri, termasuk Kapolri tentunya sampai satu kali masa perpanjangan. Jadi, umur 58 tahun masih bisa diperpanjang dengan catatan yang bersangkutan memiliki kualifikasi atau kecakapan yang bersifat khusus,” kata Mulfachri Harahap, saat ditemui di Kompleks Parlemen, Selasa (24/5/2016).

“Saya kira soal kualifikasi yang bersifat khusus ini sesuatu yang debat-able juga, Tolong jelaskan apa yang dimaksud dengan kecakapan khusus yang dimiliki oleh yang bersangkutan. Kembali lagi kepada Presiden, jika memang Presiden menganggap tidak ada perwira tinggi lain yang dapat menggantikan Kapolri, ya silakan,” ungkap Wakil Ketua Umum PAN ini, seraya mengingatkan, Presiden harus menjelaskan apa yang dimaksud dengan kecakapan yang bersifat khusus.

Politisi PAN ini menganggap, bahwa sebenarnya dalam Kepolisian RI masih banyak sejumlah perwira yang dianggap mampu untuk menggantikan posisi Jenderal Badrodin Haiti sebagai Kapolri. Namun di luar itu, saya melihat sesungguhnya di tubuh Polri kita sekarang ini ada sejumlah perwira tinggi yang juga memiliki kualifikasi kompetensi dan kecakapan memimpin Polri,” ujarnya. (k24.c/kn-m08)

Related posts