Kata Plt Gubernur : 5.038 ASN Pemprov DKI Jakarta Dirombak, Enggak Ada Kepentingan Politik

Plt Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono.

KarakterNews.com – JAKARTA – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Soni Sumarsono menegaskan, dalam perombakan 5.038 orang aparatur sipil negeri (ASN) di jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak ada kepentingan politik.

Sebelum pelantikan, Sumarsono memastikan bahwa pihaknya sudah mempertimbangkan dengan matang. “Kami profesional, yang dinaikkan itu hanya staf eselon empat. Enggak ada hubungan politik,” pungkasnya di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (4/1/2017).

Dikatakan Sumarsono, eselon empat memiliki kesempatan yang sama untuk menjabat. Tapi, beberapa dari mereka diantaranya menjabat sebagai kepala seksi. “Eselon empat sama dengan kelas pelaksana pengetik. Karena itu, kepala seksi tidak memiliki pengaruh dengan politik,” ujarnya menilai.

“Saya kira intinya harus beri kesempatan bagi mereka untuk hidup dan mengembangkan karir. Mumpung mereka masih muda,” kata Sumarsono, sembari menjelaskan dari perombakan 5.038 ASN di Pemprov DKI Jakarta, 71 persen pejabat dikukuhkan dan 29 persen dilantik.

Perombakan dilakukan berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan PP Nomor 22 Tahun 2016. Tujuannya, untuk perampingan Satuan Kerja Perangkat Daerah. (kn-j08)

Related posts