November 23, 2017

Kata Menteri Kemaritiman, Perusahaan Perikanan Rusak Danau Toba Dituntut 5 Kali

rizal_resizeKarakternews.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Rizal Ramli (foto) menegaskan, Kementerian Maritim akan segera menuntut sejumlah perusahaan perikanan yang merusak ekosistem perairan yang disekitar Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara.

“Kami kasih waktu satu tahun untuk cabut. Kalau tidak bisa cabut baik-baik, maka akan kami tuntut menggunakan Undang-Undang Lingkungan Hidup,” tandas Rizal Ramli, di Jakarta.

Kata Rizal Ramli, saat ini di Danau Toba ada sekitar tiga perusahaan perikanan besar yang setiap bulan mendatangkan ratusan ton bahan untuk pakan ikan. Namun, disebabkan sekitar 20 persen bahan pakan ikan itu tidak terpakai, sehingga mengakibatkan kondisi danau menjadi beracun dan bau.

Karena itu, tegas Menteri Kemaritiman, pihaknya akan mempelajari berapa modal yang digunakan perusahaan tersebut dan akan menuntut hingga lima kali jumlah modal, agar perusahaan itu bangkrut. “Kami bisa tuntut hingga lima kali modalnya,” pungkasnya.

Pemerintah, disebutkan Rizal, akan menyediakan sistem sehingga ada mekanisme pembersihan kondisi perairan dari pakan yang tersisa sehingga Danau Toba tetap bersih. (ks.c/kn-m08)

Related posts