December 17, 2017

Kata Mensesneg : Presiden Usulkan Budi Gunawan Pengganti Sutiyoso

Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Wakil Kapolri Komjen Polisi Budi Gunawan, beberapa waktu lalu.
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Wakil Kapolri Komjen Polisi Budi Gunawan, beberapa waktu lalu.

KarakterNews.com – Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno menuturkan Presiden Joko Widodo telah menyampaikan surat usulan kepada Pimpinan DPR untuk mengangkat Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Budi Gunawan sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) menggantikan Sutiyoso.

“Surat itu saya antarkan langsung kepada Ketua DPR RI Ade Komarudin di ruang rapat Pimpinan DPR, Gedung Nusantara III. Jabatan Kepala BIN tidak ada periodesasinya, sehingga usulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pergantian Kepala BIN adalah hal yang wajar,” ungkap Pratikno, melalui keterangan tertulis, Jumat (2/9/2016).

Disebutkan Pratikno, bahwa Presiden mengusulkan nama Budi Gunawan sebagai pengganti Sutiyoso, dimana proses selanjutnya ada di DPR karena institusi inilah yang akan memberikan pertimbangannya. “Pergantian Kepala BIN ini hanya regenerasi saja,” sebutnya.

Baca Juga:  Kata Akom : Pergantian Kepala BIN, DPR Posisi Menunggu

Secara terpisah Ketua DPR RI, Ade Komaruddin meyakini calon kepala Badan Intelijen Negara, Komjen Polisi Budi Gunawan memiliki kemampuan memimpin institusi intelijen karena kemampuannya sudah teruji.

“Saya percaya beliau (Budi Gunawan) memiliki kapasitas untuk memimpin BIN. Alasannya, selama ini kapasitas Budi Gunawan sudah teruji selama berkarir di Kepolisian dan jabatan terakhir sebagai Wakil Kapolri,” kata Ade Komaruddin, Jumat (2/9/2016).

Kata Akom panggilan akrab Ade Komaruddin, DPR RI akan memproses pencalonan tersebut dengan baik dan lancar sesuai harapan semua pihak. “Sekali lagi, AKD (alat kelengkapan dewan) akan memprosesnya dengan baik dan lancar sesuai dengan harapan,” ucapnya. (kn-m07)

Related posts