September 24, 2018

Kata Martin Hutabarat : Budi Gunawan Cocok Jadi Kepala BIN

Rombongan Komisi I DPR RI saat berkunjung di Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Jumat (2/9/2016), diantaranya Effendi Simbolon & Marinus Gea (PDIP), Budi Youyasri & Alimin Abdullah (PAN), Martin Hutabarat (Gerindra) dan M Arif Suditomo (Hanura).
Rombongan Komisi I DPR RI saat berkunjung di Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Jumat (2/9/2016), diantaranya Effendi Simbolon & Marinus Gea (PDIP), Budi Youyasri & Alimin Abdullah (PAN) dan Martin Hutabarat (Gerindra).

KarakterNews.com – Anggota Komisi I DPR RI asal Sumatera Utara, Martin Hutabarat menilai Komjen Polisi Budi Gunawan, sangat tepat menjadi kepala Badan Intelijen Negara (BIN), karena operasinya selalu bersifat tertutup. Hal ini akan berbeda, bila Budi Gunawan menjabat pada pimpinan yang operasinya bersifat terbuka seperti Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri).

“Kalau untuk operasi tertutup itu berbeda, yang penting orangnya harus dipercaya oleh Presiden,” kata Martin Hutabarat, disela-sela kunjungan kerja ke Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan, Jumat (2/9/2016).

Disebutkan Martin Hutabarat, beberapa waktu lalu Komisi I DPR RI menggelar rapat bersama dengan pihak BIN dalam pembahasan RUU Terorisme. Pada kesempatan itu, mereka (Komisi I) sempat mempertanyakan komitmen BIN dalam menjalankan tugas intelijen, kalau dipimpin oleh tokoh yang memiliki latar belakang Polri. “Hasilnya, BIN tetap solid menjalankan tugasnya terlepas dari latar belakang pucuk pimpinan, apakah dari TNI atau Polri,” ungkapnya.

Intinya, kata Martin, karena mereka sudah memiliki sistem yang selama ini berjalan, tidak ada masalah dengan siapa sosok pimpinannya, yang penting itu tadi, bisa dipercaya oleh Presiden,” kata Politisi Partai Gerindra ini.

Ketika disinggung prihal pengalaman Komjen Polisi Budi Gunawan, yang gagal menduduki jabatan Kapolri dikarenakan permasalahan oleh KPK, dijawab Martin, hal ini tetap menjadi hak penuh oleh Presiden selaku sosok yang akan “memakai” jasa dari Kepala BIN dalam menentukan berbagai kebijakan.

“Kan yang dahulu ini, yang mencalonkan dan mengusulkan Presiden, dan terus yang membatalkan juga Presiden. Nah sekarang ini diusulkan lagi, artinya sosok Budi Gunawan masih dipercaya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Utamanya adalah dipercaya, sebab beliau (Kepala BIN) yang akan memberi gambaran saat Presiden akan mengambil satu keputusan,” kata Martin Hutabarat. (kn-m08)

Related posts