December 17, 2017

Kata Anggota DPRD FPAN, “Bappeda DS Jangan Perjual Belikan Rekomendasi”

bayu_resizeKarakternews.com – Anggota DPRD Deli Serdang dari Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN), Bayu Sumantri Agung (foto) meminta pihak Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Deli Serdang (DS) agar tidak memperjual belikan rekomendasi untuk proses perizinan peruntukan.

Permintaan Politisi PAN ini, terkait adanya laporan masyarakat yang menyebutkan terjadi jual beli rekomendasi saat proses di Bappeda, dimana pemohon bisa dengan mudah mendapatkan persetujuan dari Bappeda asal bisa memenuhi harga yang ditawarkan dan sebaliknya pemohon bisa ditolak permohonannya kalau tidak bisa menyanggupi apa yang ditawarkan.

Terkait informasi yang negative tersebut, Bayu Sumantri Agung yang juga Bendahara DPD PAN Deli Serdang ini mengingatkan hal ini tidak boleh terus menerus dilakukan secara berkelanjutan. “Jika benar memang terjadi seperti itu, maka Bupati Deli Serdang harus mencopot jabatan Kepala Bappeda dan segera melelang jabatan itu,” ujarnya, Minggu (21/2/2016) di Lubuk Pakam.

Baca Juga:  Kata Walikota Medan, Pemko Tidak Berikan Rekomendasi Penggunaan Gedung Aksara Plaza

Politisi dari Partai PAN ini mempertanyakan apa yang menjadi dasar hukum dari pihak Bappeda selama ini dalam hal memberikan rekomendasi peruntukan. Saat ini Peraturan Daerah tentang tata ruang wilayah saja belum disahkan dan masih dalam proses pembahasan oleh badan pembentukan peraturan daerah (BPPD).

Secara terpisah, Kepala Bidang Fisik Bappeda Deliserdang, Aulia Akbar saat dikonfirmasi awak media membantah, jika pihaknya mematokkan tarif atau memungut bayaran kepada pemohon. “Pada dasarnya, Bappeda hanya memberikan informasi kepada pihak Tapem terkait dimana lokasi yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan pembangunan, dan dasar hukum yang dipakai adalah Peraturan Presiden RI Nomor 62 tahun 2011 tentang rencana tata ruang kawasan perkotaan Medan, Binjai, Deliserdang dan Karo (Mebidangro). (kn-m09)

Related posts