September 24, 2018

Kapolda Metro Jaya : 2 Pelaku Pembunuhan di Pulomas, Satu Tewas Tertembak, Ini Kronologisnya

Terduga pelaku pembunuhan sadis di rumah mewah Pulomas ditangkap.
Terduga pelaku pembunuhan sadis di rumah mewah Pulomas ditangkap.

KarakterNews.com – JAKARTA – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya, Irjen Polisi M Iriawan memaparkan bahwa satu orang dari dua terduga pelaku pembunuhan Pulomas yang ditangkap personil Kepolisian di Bekasi, tewas tertembak karena melakukan perlawanan saat ditangkap.

“Iya benar, seorang pelaku tewas tertembak, dia adalah residivis,” ungkap Irjen Polisi M Iriawan, Rabu (28/12/2016) sore. Untuk motif dari pelaku adalah perampokan dengan pembunuhan, karena ditemukan barang bukti yang diambil pelaku, berupa satu tas ransel dan satu tas jinjing.

Dikemukakan Kapolda Metro Jaya, petugas Polri telah menangkap pelaku pembunuhan yang terjadi di rumah Ir Dodi Triono di Pulomas, Jakarta Timur, dimana komplotan pelaku pembunuhan sadis ini diperkirakan berjumlah 4 orang, dan personil Polisi berhasil menembak dua pelaku, sedangkan dua orang lainnya menjadi buronan.

Sebelumnya ditempat terpisah, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Raden Prabowo Argo menyebutkan, proses penangkapan terjadi di daerah Bekasi, Jawa Barat di pimpin Kasubdit Jatanras Polda Metro AKBP Hendy F Kurniawan.

Baca Juga:  Tragedi Pulomas, Zanette Ceritakan Detik-Detik Kakaknya Bertahan Hidup, KPAI Menduga Ada Dendam

Penyergapan terhadap kedua terduga pelaku pembunuhan di rumah mewah Pulomas, terhadap korban Dodi Trianto (usia 59 tahun) bersama anaknya Diona Arika Andra Putri (usia 16 tahun) serta Dianita Gemma Dzalfayla (9) yang meninggal dunia. Begitu juga teman Dianita yang sedang menginap, Amelia Callista (10), kedua sopir Dodi Trianto,Tasrok (usia 40 tahun) dan Yanto, yang juga meninggal dunia dalam peristiwa tersebut.

Sementara dari 11 orang dalam rumah mewah, dari enam orang yang meninggal dunia, juga ada lima orang yang selamat adalah anak Dodi Trianto, Zanette Kalila Azaria (6), dan tiga pekerja di rumah Dodi, masing-masing Santi (22), Fitriani (23), Windy (23) dan Emi (41).

Seorang terduga pelaku pembunuhan sadis pulomas tewas tertembak.
Seorang terduga pelaku pembunuhan sadis pulomas tewas tertembak.

Kronologis Penangkapan
Tim Gabungan Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Timur dan Polresta Depok melakukan penangkapan terhadap dua orang terduga pelaku pembunuhan terhadap 6 orang, di satu rumah mewah Jalan Pulomas Utara, Jakarta Timur.

Baca Juga:  Ibu dan Anak Korban Selamat Tragedi Berdarah Pulomas, ART Korban Dodi Triono

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Polisi Raden Prabowo Argo memaparkan, pelaku berhasil ditangkap penyidik Polda Metro Jaya adalah dua orang bernama Ramlan Butarbutar dan Erwin Situmorang. “Keduanya ditangkap Tim penyidik di rumah kontrakan di Jalan Kalong RT 08, RW 02, Kelurahan Bojong Rawalumbu Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi.

Kronologis penangkapan dari hasil analisa CCTV yang telah disimpulkan bahwa pelaku adalah Ramlan Butarbutar. Hal tersebut sesuai dengan keterangan seorang tersangka berinisial PN yang sebelumnya telah diamankan atas kejadian sebelumnya.

Kemudian Tim Gabungan Direktorat Kriminal Umum, Polres Metro Jakarta Timur dan Polresta Depok, mendapatkan informasi tentang keberadaan dari Ramlan yang berada di wilayah Bekasi. Ketika dilakukan penyelidikan, Tim sudah mengetahui Ramlan dan Erwin berada di kontrakan di Jalan Kalong RT 08/RW 02 Kelurahan Bojong Rawalumbu Kecamatan Rawalumbu Kota Bekasi.

Baca Juga:  Dor..Dorr Ramlan Butar Butar dan Erwin Situmorang Ditangkap, Terduga Pelaku Pembunuhan Sadis Pulomas

Sewaktu dilakukan penangkapan, kedua tersangka berusaha melakukan perlawanan sehingga diambil tindakan represif dengan melepaskan tembakan di bagian kaki kedua tersangka. Sementara Barang Bukti yang diamankan dari Erwin, berupa uang senilai Rp 3,4 juta, 4 lembar uang Thailand, handphone Nokia warna hitam, handphone merk China, STNK Yamaha Jupiter MX No. Pol. B 6769 EIX An. Siti Maria, jaket kulit warna hitam, tas warna coklat dan topi warna abu-abu.

Sedangkan dari Ramlan, barang bukti yang berhasil diamankan uang senilai Rp 6,3 juta, jam rolex warna silver, topi hitam dan dua handphone. (tn.c/kn-m07)

Related posts