November 23, 2017

Kamis Ini, Uji Kelayakan Calon Kapolri

Tito Karnavian, calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Jokowi.
Tito Karnavian, calon tunggal Kapolri yang diajukan Presiden Jokowi.

KarakterNews.com – Akhirnya, Komisi III DPR RI memutuskan melakukan fit and proper test terhadap calon Kapolri Komjen Pol Tito Karnavian, Kamis (23/6/2016) mendatang. Keputusan ini diambil, usai surat pencalonan Tito dibacakan di rapat paripurna, dibahas di Bamus dan kemudian diputuskan dalam Pleno Komisi III.

“Selasa besok, Komisi III akan mengundang KPK, PPATK, Kompolnas. Lalu hari Rabu (22/6/2016), rombongan akan mengunjungi kediaman Komjen Tito sekaligus buka puasa bersama. Pada Kamis pagi, kita selenggarakan fit and proper test, dan bisa kita bawa ke paripurna,” ungkap Ketua Komisi III Bambang Soesatyo, seusai rapat pleno, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin (20/6/2016).

Hingga saat ini, kata Politisi Partai Golkar ini, tidak ada hambatan dalam pencalonan mantan Kapolda Metrojaya tersebut. Semua fraksi dinilai mendukung pilihan presiden. Intinya, Komjen Tito harus mengatasi kesenjangan senioritas, sebab dirinya termasuk angkatan muda.

“Jika Komjen Pol Tito Karnavian mampu menjawab hal itu, kata Bambang Soesatyo, maka Tito dianggap telah menyelesaikan 60 persen tugasnya. Apalagi, Tito memiliki waktu yang cukup panjang sebagai Kapolri.

Disebutkan Bamsoet panggilan akrab Bambang Soesatyo, Komjen Tito memiliki kemampuan manajerial yang cukup, sebab dirinya pernah memimpin wilayah. Sehingga, tidak butuh waktu lama untuk melakukan uji kelayakan. (kn-m08)

Related posts