Kamis 4 Januari, PDI Perjuangan Umumkan Pasangan Calon Diusung

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP), Hasto Kristiyanto. (ist)

KarakterNews.com – JAKARTA – Sekretaris Jendral DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menuturkan, partainya masih melakukan kajian terkait Pemilihan Gubernur Sumatra Utara (Pilgub Sumut) Tahun 2018.

Hasto Kristiyanto mengakui bahwa nama Djarot Saiful Hidayat selaku mantan Gubernur DKI Jakarta masuk sebagai salah satu calon gubernur. “Nama-nama itu muncul ada berbagai kombinasi karena tema kita gubernur ini kepanjangan tangan dari pemerintah pusat,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (3/1/2018) di Kantor DPP PDI Perjuangan.

DPP PDI Perjuangan akan mengumumkan sejumlah pasangan calon kepala daerah yang bakal diusung di beberapa daerah termasuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Lampung, Papua dan sejumlah wilayah lainnya, pada Kamis (4/1/2018).

Baca Juga:  PDI Perjuangan Umumkan Paslon Cagub-Cawagub, Minggu Ini

Sekarang ini, PDI Perjuangan memiliki 16 kursi di DPRD Sumatera Utara. Partai Golkar memiliki 17 kursi, Partai Hanura 10 kursi, dan NasDem 5 kursi. Kalau berkoalisi, maka keempat partai ini sudah memenuhi syarat mengajukan calon gubernur dengan syarat minimal 20% dari jumlah kursi, ungkap Hasto Kristiyanto.

Untuk diketahui, KPU Sumatera Utara mulai membuka pendaftaran pada tanggal 8 Januari hingga 10 Januari 2018. Jumlah kursi di Gedung DPRD Sumut sebanyak 100, dengan rincian : Partai Golkar (17 kursi), PDI Perjuangan (16 kursi), Partai Demokrat (14 kursi), Partai Gerindra (13 kursi), Partai Hanura (10 kursi), PKS (9 kursi), PAN (6 kursi), Partai Nasdem (5 kursi), PPP (4 kursi), PKB dan PKPI masing-masing 3 kursi. (kn-m09)

Related posts