February 24, 2018

Kadisdik Taput Ditahan, Dua Kepala Sekolah Dipulangkan

Ilustrasi
Ilustrasi

KarakterNews.com – MEDAN – Setelah Operasi Tangkap Tangan (OTT) Penyidik Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Polda Sumut, menetapkan satu orang tersangka berinisial JP selaku pejabat Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Tapanuli Utara (Taput), Selasa (27/12/2016).

Saat ini Kadisdik Taput JP ditahan, sementara dua Kepala Sekolah yang bersamaan diamankan sudah dipulangkan, tapi statusnya sebagai saksi.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Rina Sari Ginting menyatakan, pihaknya baru menetapkan satu orang tersangka berinisial JP, sementara dua orang Kepala Sekolah yang turut serta diamankan pada saat OTT sudah dipulangkan dengan statusnya sebagai saksi.

Meski begitu, kata Kombes Pol Rina Sari Ginting, selain dua Kepala Sekolah itu, penyidik juga sudah memeriksa 10 orang saksi, beberapa orang diantaranya juga menjabat sebagai Kepala Sekolah, sedangkan sisanya berasal dari Disdik serta unsur Pemerintahan.

Dijelaskan Kombes Pol Rina Sari Ginting, saat ini fokus penelurusan penyidik adalah alian dana dari tersangka kepada siapa saja, berapa nilainya dan bersumber dari mana saja uang itu. “Pengakuan tersangka dan alat bukti, baik yang dilakukan secara manual maupun melalui transfer antar Bank, akan ditelurusi, semuanya pasti akan ketahuan berapapun nilainya,” sebutnya.

Sebelumnya diketahui, Tim Saber Pungli Mabes Polri dan Polda Sumut menangkap Kadisdik Taput berinisial JP pada Rabu (21/12/2016) lalu di rumah Dinas Kadisdik Taput yang berada di Jalan DI Panjaitan, Tarutung. Kemudian, dari tersangka disita barang bukti berupa mata uang asing 100 dollar US dan 200 Yuan serta Rp 235 juta, tidak hanya mata uang asing, tapi juga menyita delapan buah lembar buku tabungan. (kn-m07)

Related posts