November 23, 2017

Jusuf Kalla Minta Sudirman Said Berbicara Jujur

waprsjk_resizeKarakternews.com – Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla meminta Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said berbicara jujur dalam sidang perdana Setya Novanto, digelar Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), Rabu (2/12/2015).

“Sudirman harus berani menjelaskan secara detil soal kasus pencatutan nama Presiden dan Wakil Presiden yang diduga dilakukan Ketua DPR Setya Novanto terkait lobi perpanjangan kontrak PT Freeport Indonesia. “Ya namanya dipanggil DPR, harus datang untuk menjawab pertanyaan yang diberikan,” kata Jusuf Kalla di Hotel Ritz Carlton, Rabu (2/12/2015).

Saat ditanya wartawan, Wapres menyatakan dirinya tidak ada memberi arahan apa-apa terhadap Sudirman menjelang sidang MKD itu, dan juga tidak melakukan intervensi terhadap Sudirman Said. Namun, sebelumnya saya katakan ya siap-siap saja. Dia jujur saja, apa adanya saja, tak usah ditambahi atau dikurangi,” ujar Jusuf Kalla.

Baca Juga:  Wapres Jusuf Kalla : Pengamanan Tanpa Letusan Senjata

Sidang perdana MKD tersebut, mengundang Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Sudirman Said sebagai pengadu untuk memberikan kesaksian. Kemudian, pada Kamis pukul 13.00 WIB, MKD mengundang bos Freeport Maroef Sjamsoeddin dan pengusaha minyak Riza Chalid sebagai saksi dalam kasus pencatutan nama tersebut.

Setelah mengundang saksi-saksi, MKD akan mempertimbangkan terlebih dulu hasil sidang pertama dan kedua. Kalau diperlukan saksi-saksi lain untuk melengkapi keterangan Sudirman, Maroef dan Riza, MKD akan memanggil saksi tersebut. Apabila dianggap cukup, MKD baru akan mengagendakan persidangan dengan mengundang Ketua DPR Setya Novanto. (kn/j-09)

Related posts