December 17, 2017

JNE Perluas Jaringan, Satu Gerai Tiap Kecamatan

Branch Manager JNE Cabang Utama Medan, Fikri Alhaq Fachryana dan jajaran Pimpinan JNE foto bersama wartawan, usai media gathering di Hotel Santika. (ist)

KarakterNews.com – MEDAN – PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), melakukan perluasan jaringan bisnisnya. Perusahaan yang bergerak dalam layanan jasa antar barang ini, menargetkan satu gerai berada di setiap Kecamatan di Sumatera Utara (Sumut).

Branch Manager JNE Cabang Utama Medan, Fikri Alhaq Fachryana menjelaskan, saat ini jaringan JNE yang ada di seluruh daerah Sumut sudah mencapai 60 persen. Khusus Kota Medan dan sekitarnya, telah mencapai 274 titik layanan sampai tingkat kecamatan. “Target kita, satu gerai untuk setiap kecamatan di Sumut. Saat ini, kita berupaya mewujudkan itu,” ujarnya, dalam media gathering di Hotel Santika, Kamis (14/9/2017).

Didampingi jajaran Pimpinan JNE Cabang Utama Medan, dikemukakan Fikri Alhaq, sejak ekspansi pada tahun 1997 silam di Sumatera Utara, hingga kini terdapat 42 kantor perwakilan dan cabang/sub agen yang tersebar, diantaranya 9 kantor perwakilan di Medan dan 33 cabang/sub agen di seluruh wilayah Sumut.

“Dari seluruh kantor perwakilan dan cabang/sub agen yang di Sumut, ada 3 kabupaten/kota tujuan pengiriman barang terbanyak, yakni Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang dan Kepulauan Nias,” ungkap Fikri.

Dikatakan Fikri Alhaq Fachryana, seiring pesatnya pertumbuhan binis e-commerce yang berbarengan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, jumlah transaksi pengiriman pelanggan JNE mengalami peningkatan yang mencapai 30-40 persen setiap tahunnya sejak Tahun 2010. “Jumlah pengiriman e-commerce mendominasi pengiriman JNE saat ini. Terhitung, sekitar 60-70 persen berasal dari bisnis dunia digital,” ujarnya.

“Dengan pesatnya pertumbuhan e-commerce mendorong pihaknya untuk lebih meningkatkan kebutuhan akan distribusi barang di masyarakat, baik segi jumlah maupun layanan. Karena itu, JNE berinovasi dengan berbagai produk layanan maupun program-programnya. JNE telah bekerjasama dengan situs belanja online terkemuka di Indonesia. Seperti Shoppe, Tokopedia, Lazada, Blibli, Bukalapak, Zalora dan sebagainya,” papar Fikri.

Tidak hanya itu, kata Fikri, inovasi terhadap perkembangan e-commerce tersebut juga dilakukan dengan mengembangkan infrastruktur atau jaringan JNE, salah satunya dengan menghadirkan layanan berbasis aplikasi android atau my JNE. “Aplikasi my JNE, pelanggan dapat melakukan online booking, mengecek tarif dan memonitor status pengiriman. Kemudian, mengecek lokasi JNE terdekat hingga melakukan transaksi jual beli antara penjual dan pembeli individual,” sebutnya.

Sementara itu, Branch Bussines Partner JNE Cabang Utama Medan, Juli Parulian menjelaskan, secara nasional kapasistas pengiriman JNE hingga saat ini mencapai 16 juta paket dalam 1 bulan. Khusus Kota Medan, pengiriman mencapai sekitar 1,2 juta, terdiri dari 750 ribu barang masuk dan 450 ribu barang keluar. “Pengiriman barang yang masuk ke Sumut jumlahnya hampir dua kali lipat dibanding dengan yang keluar. Hal ini berarti lebih banyak konsumsi ketimbang produksi,” ujarnya. (kn-m08)

Related posts