December 17, 2017

Izin Mendagri Nihil, Pj Bupati Pakpak Bharat Tak Ada Wewenang

Pj Bupati Pakpak Bharat, Bonar Sirait saat dilantik Plt. Gubernur Sumut.
Pj Bupati Pakpak Bharat, Bonar Sirait saat dilantik Plt. Gubernur Sumut H.T Erry Nuradi, beberapa waktu yang lalu.

Karakternews.com – Pelaksana harian (Plh) Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (BKD Pemprov Sumut), Alimuddin Saragih SE menegaskan, BKD Pemprov Sumut belum ada menerima surat tembusan dari Pj Bupati Pakpak Bharat, Bonar Sirait terkait pergantian pejabat di daerah tersebut.

“Saya tegaskan, hingga saat ini tidak ada surat yang saya terima tentang pelantikan pejabat baru di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pakpak Bharat,” kata Alimuddin Saragih, saat ditemui awak media, belum lama ini, menyikapi banyaknya Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) di lingkungan Pakpak Bharat mengundurkan diri.

Kata Alimuddin, kalau benar apa yang disampaikan Ketua DPRD Pakpak Bharat, Sonni P Berutu, akan ada pelantikan pejabat baru di Pakpak Bharat, berarti sudah ada persetujuan menteri. Namun, apapun ceritanya pejabat sementara tidak bisa sewenang-wenang mengangkat pejabat. “Ada undang-undang mengatur bahwa harus dilakukan lelang jabatan, jika tidak dilakukan maka bisa saja diskualifikasi, apalagi yang melakukan pergantian jabatan adalah seorang Pj,” ujarnya.

“Seorang Pejabat (Pj) tidak ada wewenang untuk melakukan pergantian kalau tidak ada izin Mendagri,” pungkas Alimuddin Saragih.

Sekedar diketahui, dari informasi diperoleh menyebutkan, dampak dari pergantian jabatan yang dilakukan Pj. Bupati Bonar Sirait, diketahui ada 19 Kepala Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD), mengundurkan diri karena tidak nyaman dengan sikap Bonar Sirait.

Dimana Ke-19 Kepala SKPD, disebut-sebut yang mengundurkan diri, masing-masing ; Parlaungan (Kadis PU), Tikki Angkat (Kadis Bapemas), Muktar AW (Kadis Kehutanan), Losmar Berutu (Kepala KP2TPM), Sartomo Padang (Kadis BPBD), Jalil Angkat (Sekretaris DPRD), Sahat Banurea (Kepala BKD dan Diklat), Budianta Pinem (Kadis Inspektorat), Orba Suntuk Manik, Dame Tumangger, Morasi Berutu, Ishak Simon, Jibun Padang, Sabar Berutu, Petrus Saragih, Juhari Angkat, Manurung Naiborhu, Jalan Berutu (Kadis Pendidikan), Benar Sembiring. (kn-m09)

Related posts