September 24, 2018

Irjen Moechgiarto Kapolda Metro Jaya, Irjen Tito Jadi Kepala BNPT

Irjen Pol. Tito Karnavian akan menjabat Kepala BNPT.
Irjen Pol. Tito Karnavian akan menjabat Kepala BNPT.

Karakternews.com – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal (Pol) Badrodin Haiti, kembali memutasi sejumlah perwira tinggi (Pati) di tubuh Polri. Perpindahan jabatan itu tertuang dalam telegram rahasia Nomor ST/1604/III/2016.

Sejumlah Pati dimutasi, diantaranya, Kepala Polda Metro Jaya yang dijabat Irjen Pol. Tito Karnavian akan digantikan Irjen Moechgiarto yang sebelumnya menjabat Kepala Polda Jawa Barat. Selanjutnya, Irjen Tito Karnavian akan menjabat Kepala BNPT.

Kemudian, Komjen Saud Usman Nasution yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dimutasi menjadi perwira tinggi Bareskrim (nonjob) dalam rangka pensiun. Sementara pengganti Irjen Moechgiarto yang sebelumnya menjabat Kepala Polda Jawa Barat akan dijabat Irjen Jodie Rooseto yang sebelumnya menjabat Sekretaris Pimpinan Polri di Lembaga Pendidikan Kepolisian. Selanjutnya, posisi Kepala Polda Riau dijabat Brigjen (Pol) Suspriyanto.

Kapolri menjelaskan, mutasi jabatan ini sudah dirancang sejak lama. Namun, STR-nya baru ditandatangani. “Sejak Februari sudah dirancang, tapi baru saya tanda tangani sekarang,” ujar Jenderal (Pol) Badrodin Haiti ketika dihubungi, Senin (14/3/2016) malam.

Irjen Moechgiarto akan menjabat Kapolda Metro Jaya.
Irjen Moechgiarto akan menjabat Kapolda Metro Jaya.

Sekedar diketahui, jabatan di lingkungan Mabes Polri dan Kepala Polda akan dilantik oleh Kapolri. Sementara jabatan Kepala BNPT akan dilantik Presiden Joko Widodo.

Informasi sebelumnya diperoleh, Irjen Pol Tito Karnavian resmi menjabat sebagai kepala Badan Penanggulangan Teroris (BNPT), sesuai telegram rahasia Kapolri, Senin (14/3/2016).

Saat dikonfirmasi, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Mohammad Iqbal membenarkan informasi tersebut. “Telegram itu benar adanya, tapi kita belum dapat dipastikan kapan Irjen Tito akan menjabat sebagai kepala BNPT,” ujarnya.

Untuk diketahui Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Tito Karnavian, yang akan memimpin BNPT, juga merupakan mantan Kepala Densus 88 dengan memiliki sepak terjang dalam kasus penanganan teroris khususnya kasus Bom Thamrin, pada 14 Januari lalu.

Sedangkan Kapolda Metro Jaya yang baru Irjen Pol Moechgiyarto yang masih menjabat Kapolda Jawa Barat, adalah lulusan terbaik Akademi Polisi Tahun 1986 dan menerima penghargaan Adhi Makayasa. (rpka.c/kn-m07)

Related posts