November 23, 2017

Ingin Tahu Isi SMS Penipu & Penangkalnya

Medan – Seseorang atau satu kelompok bila mau melakukan penipuan, berbagai modus dilakukan, ada modus ilmu lama dan ada juga model baru. Namun, pihak Kepolisian Republik Indonesia (Polri) telah berhasil membongkar modus penipuan via pesan singkat atau SMS dari berbagai bentuk kalimat pesan singkat tersebut.

Effendi alias Lekeng (36), bos penipuan SMS, menjelaskan, modus “mama minta pulsa” sudah tidak dipakai lagi, sebab sudah dianggap usang, dan banyak yang sudah mengetahui, sehingga modus tersebut tidak layak dijadikan materi penipuan. “Udah gak zaman,” ucapnya, di Polda Metro Jaya, Jumat (6/11/2015).

Untuk diketahui, saat ini, model SMS penipuan dari sindikat penipu beragam, dimana para pelaku menyasar pada materi berbunyi permintaan untuk dikirimi uang ke rekening. “Kalau variasi materi bermacam-macam, contohnya “saya mau transfer pakai bank apa,” ungkap Effendi.

Baca Juga:  Polisi Gadungan Ditangkap dan 5 Tersangka Buron

Berikut isi penipuan SMS dari sindikat Effendi :

– Mau Trasfer Pakai Bank Apa, atau Tlp dlu ke no sybyg ini 087820088889: T’ks

– Nasabah BANK MANDIRI Yth, Selamat Anda mdpt hadiah Rp 75jt dari MANDIRI FIESTA.PIN PEMENANG : 777777FD Info klik di www.info-undianmandiri.bligspot.com

– Nasabah BANK BRI Yth, Selamat Anda mdpt hadiah Rp 75jt dari UNTUNG BELIUNG BRITAMA.PIN PEMENANG : 025899875FD Info klik di www.pesta-undianbankbri.weebly.com.(kahfi dirga cahya)

Selanjutnya, bila kita sering menerima pesan singkat telepon seluler (SMS) penipuan, cara memblokirnya ;

SMS tersebut seperti pengumuman pemenang kuis, pura-pura nyasar, minta transfer uang, mama minta pulsa, agen pulsa murah, agen tiket murah, dan lainnya. Terganggu dengan isi SMS tersebut?

Baca Juga:  Didakwa Menipu Rp 14 M, Syukri, Terry & Tioffio Diancam 4 Tahun Penjara

Kita bisa menghentikan pengiriman SMS seperti itu ke nomor Anda dengan cara memblokirnya. Divisi Humas Mabes Polri memaparkan cara memblokirnya, untuk pengguna kartu Telkomsel :

Format SMS : penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan dan kirim ke 1166
Contoh : Penipuan#0812123456#selamat anda mendptkan 1 unit mobil Avanza dari Telkomsel poin…dst lalu kirim ke 1166.

Untuk pengguna kartu XL :
Format SMS :
Lapor#Nomor yg di gunakan utk menipu#kasus yg di keluhkan lalu krm ke 5883.

Untuk pengguna kartu Indosat
Format SMS : SMS(spasi)Nomor pengirim SMS penipuan(spasi)isi SMS penipuan, kirim ke 726.

Kemudian kirim via e-Mail kemari, kalau sudah lebih dari dua orang melaporkan SMS penipuan, maka nomor itu segera diblokir secara permanen oleh operator. Layanan ini gratis. Apabila mengalami penipuan dalam “Transaksi ONLINE” cukup kirim kronologis dan nomor rekening si penipu ke e-mail : “cybercrime@polri.go.id” . Maka, selanjutnya pihak Polri akan langsung bertindak dengan memblokir ATM si penipu dan melacak keberadaannya untuk ditindak sesuai hukum. (kn/j-09)

Related posts