December 18, 2017

Ingin Daftar Paslon Perseorangan Gubernur/Wagub, Sabtu Ini Ikuti Sosialisasinya

KarakterNews.com – MEDAN – Pada Sabtu, 23 September 2017 di Hotel Polonia, Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) mengundang masyarakat yang ingin mendaftar sebagai pasangan calon Gubernur Sumatera Utara dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Cagubsu/Cawagubsu) jalur perseorangan, untuk mengikuti sosialisasi persiapan pelaksanaan tahapan penyerahan dukungan pasangan calon.

Pendaftaran bagi peserta sosialisasi sudah dimulai Selasa, 19 September dan berakhir pada 22 September 2017, sampai pukul 12.00 Wib,” kata Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea SAg M.Si didampingi Komisioner KPU Sumut, Yulhasni, Nazir Salim Manik, Benget Silitonga dan Iskandar, Kasubbag Teknis dan Hupmas, Harry Dharma Putra SKom M.Si, Selasa (18/9/2017) di Kantor KPU Sumut Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan.

Baca Juga:  KPU Pakpak Bharat Diambil Alih, Kata Yulhasni : Status Tersangka, Komisionernya di PAW

Dikatakan Mulia Banurea, perhelatan sosialisasi ini digelar KPU Sumut untuk menindaklanjuti surat KPU RI No. 515/KPU/IX/2017 tanggal 7 September 2017, perihal Persiapan Pelaksanaan Tahapan Penyerahan Dukungan Calon Perseorangan PemilihanTahun 2018. “KPU Sumut berharap, ajang ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya bagi mereka yang berkeinginan maju sebagai calon Gubsu maupun Wagubsu untuk mendapatkan informasi soal aturan dukungan dan tata cara penyerahannya,” ungkapnya.

Kasubbag Teknis dan Hupmas, Harry Dharma Putra menambahkan, calon peserta yang ingin mengikuti sosialisasi ini dapat mendaftar dengan datang langsung ke Kantor KPU Sumut. Pendaftaran juga dapat dilakukan melalui email kpudprovsumut@gmail.comserta melalui telepon selular 081370453458 dan 085275457086.

Disebutkan Harry Dharma, KPU Sumut pada Minggu 10 September 2017, telah menetapkan, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang ingin maju dari jalur independen wajib memiliki dukungan minimal 764.578 pemilih.

Baca Juga:  Dibutuhkan 764.578 Pemilih untuk Maju Jalur Perseorangan di Pigubsu 2018

Komisioner KPU Sumut Benget Silitonga menyatakan, masyarakat yang ingin maju melalui jalur independen dapat mempersiapkan diri sebelum masa pendaftaran. Dukungan tersebut tidak hanya berupa foto copy KTP, tapi juga disertai dengan keterangan mendukung pada form dukungan yang didalamnya memuat nama, NIK, alamat, jenis kelamin, tempat/tinggal lahir, serta usia.

“KPU akan melakukan verifikasi faktual atas dukungan tersebut. Berdasarkan tahapan, jadwal dan program Pilgubsu 2018, pada tanggal 22-26 November mendatang, KPU akan memulai membuka tahapan penyerahan syarat dukungan pasangan calon perseorangan untuk selanjutnya diteliti jumlah dan sebarannya,” kata Benget Silitonga. (kn-m09)

Related posts