Indonesia dan India, Dua Negara Demokrasi Terbesar di Dunia

Gubernur Sumatera Utara, Dr Ir H Tengku Erry Nuradi, saat berpidato di resepsi perayaan hari ulang tahun Republik India ke-69 di Hotel JW Marriott Medan. (ist)

KarakterNews.com – MEDAN – Indonesia dan India memiliki banyak kesamaan. Indonesia dan India adalah dua negara demokrasi terbesar di dunia.

Diharapkan hubungan kerjasama antara India dan Indonesia, khususnya Provinsi Sumatera Utara semakin meningkat kedepan. Masyarakat dan etnis India relatif banyak di Sumatera Utara, khususnya di Kota Medan dan berbaur dengan masyarakat pribumi.

Untuk kedepannya, agar tetap dijaga dan terus berkembang. Karena hubungan persaudaraan ini merupakan kekuatan bilateral yang mandiri dan kuat terutama dalam meningkatkan kesejahteraan masing-masing masyarakatnya,” kata Gubernur Sumatera Utara, Dr Ir H Tengku Erry Nuradi, saat menghadiri resepsi perayaan hari ulang tahun Republik India ke-69 di Hotel JW Marriott Medan, Minggu (28/1/2018) malam.

Baca Juga:  Kata Ketum Golkar, Kudeta Militer Dalam Negara Demokrasi, Nggak Dibenarkan

Dihadapan beberapa konjen negara sahabat, Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution dan masyarakat India yang ada di Medan, dikatakan Erry Nuradi, banyak kegiatan yang telah dikembangkan kedua negara, begitu juga dengan swasta. Bahkan antara masyarakat dengan masyarakatnya terutama kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan perekonomian dan perdagangan yang bukan hanya dilakukan pengusah besar, tapi juga antar sektor-sektor usaha kecil dan menengah.

Selain itu, hubungan diplomatik Indonesia dengan India juga sangat baik. TNI AL Indonesia melakukan kerjasama latihan pengawasan laut dengan tentara laut India 2 kali dalam setahun. Kerjasama latihan pengawasan laut ini juga mengeratkan antara kedua negara yang berdekatan.

Apalagi, secara Geografis Indonesia dan India sangat dekat. Dari Pulau Weh di Sabang ke Pulau Andaman India, hanya berkisar 40 mil lau atau 60 kilometer. Jaraknya lebih kurang dari Medan ke Tebing Tinggi. Jadi banyak kesamaan,” papar Tengku Erry Nuradi.

Baca Juga:  Kata Ketum Golkar, Kudeta Militer Dalam Negara Demokrasi, Nggak Dibenarkan

Sementara Konjen India di Medan Mrs Dr Shalia Shah mengatakan, resepsi perayaan ke-69 Republik India sangat penting karena bertepatan dengan peringatan 25 tahun hubungan kerjasama Republik India dengan Negara-negara ASEAN. “Hari Republik India hari ini sangat spesial karena juga bertepatan dengan perayaan 25 tahun hubungan bilateral antara Republik India dengan negara-negara ASEAN,” ujarnya.

Dikatakan Shalia Shah, Tahun 2018 ini Republik India akan meningkatkan hubungan bilateral dengan negara-negara ASEAN. Khususnya dengan Indonesia. Selain bertetangga, India dan Indonesia juga sama-sama multi etnik. “Tahun ini, India akan meningkatkan kerjasama bilateral dibidang-bidang lainnya seperti ekonomi, maritim,” ujarnya. (kn-m09)

Related posts