Harga Minyak Dunia “Tergelincir”

minyakKarakterNews.com – Pada Selasa (6/12/2016), harga minyak mentah “tergelincir”, karena produksi minyak mentah berlimpah di hampir setiap wilayah ekspor utama, meskipun rencana OPEC dan Rusia memangkas produksi.

Kondisi ini memicu kekhawatiran bahwa limpahan bahan bakar sudah memenuhi pasar selama lebih dari dua tahun, mungkin bertahan sampai 2017. Bursa berjangka minyak mentah Brent Internasional LCOc1 diperdagangkan pada US$54,64 per barel pada 0935 GMT, menyusut 30 sen dari penutupan Senin. Sementara itu, minyak mentah West Texas Intermediate berada di level US51,39 per barel, turun 40 sen.

Pedagang dan analis mengatakan dorongan dari keputusan OPEC pekan lalu untuk memangkas produksi minyak mentah telah memudar dan janji kartel telah terhapus oleh data yang menunjukkan kenaikan produksi dari dalam negara-negara anggota dan Rusia.

“Sebagian besar posisi menyesuaikan keputusan OPEC yang memaksa para pedagang menjalankan program mereka dan meninggalkan pasar untuk mengambil keuntungan,”ujar Ole Hansen, Kepala Strategis Komoditas Saxi Bank, mengutip survei yang menunjuk pada data produksi dari OPEC selama November.

Kata Ole Hansen, hal yang mengganggu adalah bahwa kenaikan tersebut berasal dari produsen Afrika, dua di antaranya terbebas dari pemangkasan produksi. “Pertemuan pada Sabtu antara OPEC dan produsen non-OPEC akan sangat penting untuk menjaga sentimen bullish yang terlihat sejak Rabu lalu,” sebutnya, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (6/12/2016).

Berdasarkan survei Reuters menurut data pengiriman dan informasi dari sumber-sumber industri, produksi minyak OPEC menetapkan rekor tinggi pada November, naik menjadi 34,19 juta barel per hari (bpd) dari 33,82 juta bpd pada Oktober.

Rusia melaporkan rerata produksi minyak harian pada November berada di level 11,21 juta bpd, tertinggi dalam hampir 30 tahun. Hal itu berarti OPEC dan Rusia memiliki produksi yang cukup untuk memenuhi hampir sebagian permintaan minyak global, yang hanya di atas 95 juta bpd. (bns.c/kn-m09)

Related posts