Hanya Butuh 20 Ribu Kalajengking, Satu Liter Racunnya USD 10,5 Juta

KarakterNews.com – JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo (Jokowi), saat Musrenbangnas RKP 2019 menyebutkan, bahwa racun kalajengking sebagai salah satu komoditas termahal di dunia. Saat ini, satu liter racun kalajengking bisa dijual sekitar Rp 145 miliar.

“Komoditas yang paling mahal di dunia adalah racun scorpion, racun dari kalajengking itu, harganya USD 10,5 juta atau Rp 145 miliar per liter. Jadi kalau mau kaya, cari racun kalajengking,” ungkap Presiden Jokowi, ketika itu dihadapan para peserta Musrenbangnas 2019, beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal itu, Peneliti Zoologi, Pusat Penelitian Biologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Syahfitri Anita, MSi menuturkan, tidak salah. “Ini karena racun kalajengking memang banyak dicari untuk dikembangkan menjadi berbagai macam obat dan hanya sedikit diproduksi,” sebutnya.

“Racun kalajengking bisa mahal, karena sudah ada penelitian yang menunjukkan manfaatnya. Namun, produksi racun atau venomnya dari kalajengking itu sangat sedikit, belum lagi kalajengkingnya sendiri susah dicari, makanya harganya menjadi mahal,” ungkap Syahfitri Anita, seperti dilansir detikHealth pada Kamis (3/5/2018).

Butuh berapa ekor kalajengking untuk menghasilkan satu liter racun? Seperti dilansir oleh Science News for Students, seorang ahli bernama Bora Inceoglu dari University of California menemukan ada satu spesies kalajengking yang bisa menyuntikkan 5-50 mikroliter racun per ekor.

“Jika diambil maksimalnya, artinya butuh sekitar 20 ribu kalajengking untuk menghasilkan satu juta mikroliter atau satu liter racun. Apabila setiap ekor mampu menghasilkan racun secara maksimal seperti yang bisa menyuntikkan 5-50 mikroliter racun per ekor, maka satu liter racun kalajengking bisa terwujud nyata. (kn-m10)

Related posts