September 22, 2018

Gubernur Lantik Wakil Bupati Simalungun, Kata Erry Nuradi : Kalau Bisa Dipermudah…

Gubernur Sumatera Utara HT Erry Nuradi saat menyematkan tanda jabatan Amran Sinaga sebagai Wakil Bupati Simalungun.

KarakterNews.com – SIMALUNGUN – Gubernur Sumatera Utara  HT Erry Nuradi melantik dan mengambil sumpah jabatan Wakil Bupati Simalungun terpilih Amran Sinaga, di Kantor Gubernur Jalan Diponegoro, Medan, pada Kamis (2/2/2017).

“Saya berharap Pak Amran Sinaga bisa dan mampu menyesuaikan dan berakselerasi memberi kinerja yang baik untuk mendukung pencapaian visi dan misi daerah bersama Bupati Simalungun JR Saragih. Peningkatan kualitas pelayanan publik di Simalungun sangat penting,” kata Gubsu Erry Nuradi.

Ditegaskan Gubernur Sumut, pemerintah tidak boleh mempersulit masyarakat. “Semboyan lama, kalau bisa dipersulit kenapa di permudah, harus ditinggalkan. Sekarang semboyan kita harus, kalau bisa dipermudah kenapa dipersulit,” ucap Erry Nuradi.

Dikemukakannya, keberadaan sebagai wakil bupati bisa memberi akselerasi kinerja yang baik, mendukung pencapaian visi dan misi Bupati JR Saragih, terlebih dengan pengalaman sebagai ASN tentu tidak akan kesulitan memahami tugas pemerintahan.

Baca Juga:  PK MARI Bebaskan Amran Sinaga, Bupati Simalungun Jemput Wakil Bupatinya di Lapas
Bupati Simalungun JR Saragih bersama Wakil Bupati Simalungun Amran Sinaga.

Untuk diketahui, seyogianya Amran Sinaga dilantik bersamaan dengan Bupati Simalungun JR Saragih pada 22 April 2016, tapi tertunda karena Amran masih menghadapi persoalan hukum.  Prosesi pengambilan sumpah jabatan wakil bupati itu, merupakan bagian dari pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati yang harusnya dilaksanakan serentak 9 Desember 2015.

Sewaktu pelantikan Bupati Simalungun JR Saragih pada 22 April 2016 di Kementerian Dalam Negeri , tidak dapat dilakukan secara berpasangan. Sehingga, hanya bupati yang dilantik tanpa didampingi oleh wakil bupati, disebabkan masih adanya permasalahan hukum.

Disisi lain, Gubsu Erry Nuradi menjelaskan, tugas wakil Kepala Daerah antara lain membantu kepala daerah memimpin pelaksanan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. Selain itu, wakil bupati juga mengkoordinasikan kegiatan pemerintah daerah dan menindaklanjuti laporan dan atau temuan pengawas, memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan pemerintahan yang dilaksanakan pemerintah daerah mulai tingkat desa/kelurahan sampai kabupaten. (kn-m09)

Related posts