December 15, 2017

Gelapkan 20 Mobil Rental, Tersangka Diserahkan ke JPU

Tersangka Lukas Tarigan, saat diserahkan ke Jaksa Penuntut Umum Kejati Sumut. (ist)

KarakterNews.com – MEDAN – Tersangka Lukas Tarigan (29) diserahkan ke JPU (Jaksa Penuntut Umum) Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejati Sumut) oleh penyidik Subdit IV/Renakta Ditreskrimum Poldasu, Kamis (7/12/2017).

Tersangka yang tinggal di Desa Pertampilen Dusun III, Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang tersebut ditangkap dalam kasus dugaan penipuan dan penggelapan atau penadah 20 unit mobil rental dan 13 unit sepeda motor.

“Kita sudah menyerahkan tersangka Lukas Tarigan berikut barang bukti (P22) ke JPU Kejati Sumut berkas pemeriksaannya dinyatakan lengkap (P21), untuk proses persidangan. Sebelumnya, teman-teman tersangka yang lain sudah dilimpahkan ke Jaksa,” kata Dirreskrimum Poldasu Kombes Andi Rian Djajali melalui Kasubdit IV/Renakta AKBP H Sandy Sinurat.

Sekedar diketahui, tersangka Lukas Tarigan melarikan diri keluar dari Sumatera Utara pada Selasa (10/10/2017) dan sempat masuk Daftar Pencarian Orang (DPO), namun sebulan kemudian ditangkap di Bandung, Jawa Barat, pada Selasa (14/11/2017) lalu sekira pukul 08.30 wib.

“Penangkapan tersangka tidak mudah, dia selalu berpindah-pindah sejak melarikan diri dari Medan ke Jawa Barat,” kata
Kasubdit IV Renakta Ditreskrimum Polda, AKBP Sandy Sinurat, seraya menjelaskan ketika penangkapan dilakukan Lukas ditangkap di Hotel Ibis Jalan Asia-Afrika Bandung.

“Saat itu, tersangka Lukas dan selingkuhannya menaiki mobil lalu masuk hotel. Kami tunggu, hingga perempuan itu keluar. Setelah keluar, kami langsung mengamankan pelaku di dalam kamar hotel,” ungkap Sandy Sinurat, seraya menyebutkan, Lukas Tarigan diketahui sebagai pelaku penggelapan dan penadah mobil rental serta sepeda motor atas pengakuan tersangka lainnya yang sudah duluan ditangkap.

Namun, begitu akan ditangkap dirumahnya, tersangka memprovokasi warga sehingga warga menyerang polisi. Bahkan, massa merusak mobil polisi. Saat penyerangan terhadap polisi berlangsung, tersangka Lukas Tarigan melarikan diri dari pintu belakang. Tersangka lain sudah diamankan yakni, Ahmad Tohir (40), Latief Saragi (37), Trisna Bobby Fadly (36), Eddy Suwito (57), Raja Mangembang Hutagalung (44), Suhendra (42), Robin Sembiring (34), Riski Wahyudi (38), Darling Lahagu (42), Den Arjuna Ginting (41), Haposan Simanungkalit (30) dan Dedek Saputra (32). (kn-m09).

Related posts