February 24, 2018

Enam Ruko Ria Busana Jalan Gatot Subroto Terbakar

bakar_resizeKarakterNews.com – Sebanyak enam unit bangunan rumah toko (Ruko) Ria Busana, berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Kota Medan, Sumatera Utara, terbakar pada Rabu (17/8/2016) malam (lihat foto). Dalam kejadian ini, tidak ada korban jiwa, tapi kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Kebakaran ruko berlantai tiga yang juga berada persis di depan Gedung Plaza Medan Fair, Medan (Carrefour), merupakan bisnis menjual pakaian.

Dari informasi diperoleh dilapangan, kobaran api yang menyebabkan kebakaran pertama kali muncul dari lantai tiga bangunan, dan sijago merah cepat membesar disebabkan banyaknya bahan material dari plastik di lantai tersebut.

“Asal apinya dari lantai tiga, mungkin korsleting listrik. Di ruko itu banyak manekin dan pakaian-pakaian. Kita lagi kerja dibawah tadi semua, dan sekitar pukul 20:45 wib,” kata seorang pekerja Ria Busana.

Namun informasi lain menyebutkan, titik api pertama kali muncul dari loteng bangunan, diduga ada korsleting listrik dari tower yang berada di atas loteng bangunan ruko. “Sempat ada letupan cukup keras dari atas‎. Setelah itu, api mulai menjalar ke lantai tiga ruko,” ungkap Anwar, pemilik kios di sekitar ruko yang terbakar.

Dari pengamatan dilapangan, terlihat petugas pemadam kebakaran dari Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (DP2K) Kota Medan, masih berupaya memadamkan api, dan ada enam unit mobil pemadam diturunkan untuk berupaya memadamkan api.

Bripka Samuel Sitepu, seorang petugas dari Polsek Medan Baru saat ditemui sewaktu lagi bertugas di lokasi kebakaran, belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran. Namun, dijelaskannya bahwa ruko yang terbakar adalah milik seorang pengusaha yang berdomisili di Jakarta, atas nama Ramlan Ginting. (kn-m07)

Related posts