Empat Sekretaris Ditarik, KPU Sumut Sesalkan Sikap Bupati

KarakterNews.com – MEDAN – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) sesalkan sikap Kepala Daerah (Bupati) di sejumlah daerah, menarik Sekretaris KPU ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dengan alasan kekurangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di level Eselon.

“Tindakan penarikan Sekretaris KPU ini, dikhawatirkan bisa mengganggu persiapan Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018, yang pelaksanaan tahapannya sudah dekat,” kata Komisioner KPU Sumut Bidang SDM Yulhasni didampingi Komisioner Divisi Perencanaan Nazir Salim Manik dan Komisioner Divisi Hukum Dr Iskandar Zulkarnain serta Kasubbag SDM KPU Sumut Bakti Lubis di Gedung KPU Sumut, Jumat (2/6/2017).

Saat ditanya wartawan, dijawab Yulhasni, penarikan sejumlah sekretaris ini terjadi di KPU Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Selatan dan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) dengan hanya alasan penyegaran dan untuk peningkatan karier.

Baca Juga:  Pendaftaran Calon Gubernur Sumut Dibuka Selama 3 Hari

Padahal, kata Nazir Salim Manik, dalam waktu dekat ini ada kegiatan Pilgubsu 2018. “Ini menjadi tanda tanya bagi kami, apa ada unsur kesengajaan dari Bupati untuk menggagalkan Pilgubsu, atau bahkan ada, pihak-pihak tertentu yang bermain mensetir Kabupaten dalam Pilgubsu 2018 mendatang.

“Tindakan para Bupati ini penuh kecurigaan. Kita tidak mendapat indikasi yang jelas hingga para Bupati, seenaknya mengganti para Sekretaris KPU Kabupaten tanpa alasan yang semestinya. Ironisnya, alasan keempat Bupati ini sama yakni untuk penyegaran dan peningkatan karier. “Wajar saja dilaksanakan penyegaran, tapi kenapa dilaksanakan saat menjelang tahapan Pilkada Serentak 2018 sudah dekat, inikan bisa mengganggu persiapan Pilkada di daerah,” pungkas Nazir Salim. (kn-m08)

Related posts