Dukungan Foto Copy KTP Paslon Tak Boleh Ganda, Masa Perbaikan 18-20 Januari 2018

Anggota KPU Sumut, Ir Benget Silitonga, Ketua KPU Sumut Mulia Banurea dan Kabag Teknis dan Hupmas Maruli Pasaribu. (ist)

KarakterNews.com – MEDAN – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) menegaskan, dukungan foto copy pasangan calon (paslon) Gubernur Sumatera Utara dan Wakil Gubernur Sumatera Utara dari jalur perseorangan, tidak boleh ganda.

“Jika terjadi dukungan foto copy ganda, maka KPU akan melakukan verifikasi faktual kepada yang memberikan dukungan ganda itu,” kata Anggota KPU Sumut Divisi Teknis Ir Benget Manahan Silitonga, saat memberikan materi Sosialisasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) bagi calon perseorangan, Sabtu (23/9/2017) di Hotel Le Polonia Medan.

Dikatakan Benget Silitonga, KPU Sumut akan memastikan kepada pendukungan itu kemana dukungan yang sesungguhnya diberikan dan itu ditulis dalam sebuah pernyataan. “Pendukung juga harus memenuhi syarat sebagai pemilih dan terdaftar dalam daftar pemilih. Makanya dukungan harus dimasukkan dalam aplikasi Silon ini sehingga KPU dan tim mudah melakukan verifikasi,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ingin Daftar Paslon Perseorangan Gubernur/Wagub, Sabtu Ini Ikuti Sosialisasinya

Sesuai dengan jadwal, dikemukakan Benget, penyerahan dukungan foto copy KTP bagi pasangan bakal calon dari jalur perseorangan dilaksanakan pada 22-26 November 2017 dalam bentuk Silon. Selanjutnya, akan dilakukan verifikasi faktual pada 12-25 Desember 2017. “Kalau nantinya di dalam verifikasi faktual ditemukan adanya dukungan Tidak Memenuhi Syarat (TMS), sehingga mengurangi syarat pencalonan maka bakal calon masih bisa mendaftar dengan syarat akan memenuhi jumlah dukungan yang TMS itu dua kali lipat pada masa perbaikan,” ungkapnya.

Misalnya, kata Benget, jika bakal calon “A” kekurangan dukungan 220 suara maka bakal calon perseorangan itu harus mempersiapkan 440 dukungan dimana masa perbaikan pada 18-20 Januari 2018.

Baca Juga:  Empat Sekretaris Ditarik, KPU Sumut Sesalkan Sikap Bupati

Sebelumnya, Sosialisasi Sistem Informasi Pencalonan (Silon) bagi calon perseorangan pada Pilgubsu 2018 ini, secara resmi dibuka dan ditutup oleh Ketua KPU Sumut Mulia Banurea M.Si. Dalam arahannya, Ketua KPU Sumut berharap kepada para peserta agar memperhatikan materi-materi yang disampaikan, sehingga tidak salah tafsir dalam memberikan dukungan bagi pasangan bakal calon pada Pilgubsu 2018.

Jumlah peserta yang hadir dalam sosialisasi itu sebanyak 60 orang, dan juga dihadiri Sekretaris KPU Sumut DR Abd Rajab Pasaribu, Kasubag Humas Harry Dharma MSi, dan sejumlah perwakilan Tim Sukses (TS) diantaranya, Job Purba mewakili Abdon Nababan, Willy Pratama mewakili Irjen Pol Purn Wisnu Amat Sastro dan Zul Fadly Lubis mewakili Syamsul Arifin serta Prabu Alam. (kn-m09)

Related posts