Dua Kali Bupatinya Meninggal, 3 Hari Pemkab Demak Berkabung

Bupati Demak Moh. Dachirin Said, meninggal dunia.
Bupati Demak Moh. Dachirin Said, meninggal dunia.

Karakternews.com – Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un.. Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, Singgih Setiyono mengemukakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Demak, Jawa Tengah, berkabung selama tiga hari, atas meninggalnya Bupati Demak Moh. Dachirin Said, pada Sabtu (13/2/2016). Berdasarkan catatan, Bupati Demak terdahulu Tafta Zani, juga sudah meninggal dunia.

“Masa berkabung terhitung sejak Sabtu (13/2/2016) hingga Senin (15/2/2016),” jelas Singgih, saat ditemui seusai mengikuti proses pemakaman Bupati Demak Moh Dachirin Said di kompleks makam raja-raja Demak, Minggu (14/2/2016), dan selama masa berkabung para pegawai di lingkungan Pemkab dapat memahaminya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kabupaten Demak, Taufiq Rifai menyatakan seluruh pegawai tetap masuk kerja seperti biasa saat masa berkabung. Bahkan, pelayanan publik juga tetap berjalan. Tapi, selama masa berkabung aktivitas yang dianggap berlebihan, seperti kegiatan yang bersifat berhura-hura atau bersenang-senang ditiadakan. “Dan untuk menghormati almarhum Bupati Demak Moh Dachirin, selama sepekan akan digelar tahlil di pendopo kabupaten,” ucapnya.

Baca Juga:  DBD Serang 230 Warga Labuhanbatu, 4 Orang Meninggal

Sekedar diketahui, Bupati Demak Mohh Dachirin Said meninggal dunia pada Sabtu (13/2/2016) siang, dan dimakamkan di pemakaman raja-raja Demak di kompleks Masjid Agung Demak, Minggu (14/2/2016). Sebelum dimakamkan di makam raja-raja Demak, diawali dengan upacara pelepasan di Pendopo Kabupaten Demak yang dipimpin Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Pada kesempatan itu, Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko juga menyertai proses pemakaman hingga selesai. “Roda pemerintahan akan diteruskan oleh wakil bupati hingga akhir masa jabatan,” ujarnya.

Moh Dachirin meninggal dunia di Rumah Sakit Tlogorejo, Semarang, Sabtu (13/2/2016) sekitar 13.40 WIB, setelah sempat dirawat selama dua pekan lebih. Pada hari yang sama jenazah dibawa pulang dan disemayamkan di Pendopo Kabupaten Demak sekitar pukul 16.30 WIB. Lokasi makam almarhum di kompleks makam raja-raja Demak yang ada di belakang Masjid Agung Demak berdampingan dengan makam Bupati Demak terdahulu Tafta Zani yang juga meninggal dunia saat menghadiri acara silaturahmi dengan warga Demak yang tinggal di Batam pada Maret 2012. (k24.c/kn-m08)

Related posts