November 23, 2017

DPD RI Dibubarkan ? Irman Gusman Menolak

Irmangusman_resizeKarakternews.com – Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Irman Gusman menegaskan, pihaknya menolak wacana dibubarkannya DPD,  dimana wacana pembubaran itu merupakan bagian dari agenda Mukernas PKB pimpinan A. Muhaimin Iskandar.

“Kami menolak pembubaran DPD. Keberadaan DPD RI ini sebagai hasil perjuangan reformasi yang menghendaki terwujudnya keseimbangan dua kamar (DPR dan DPD RI) untuk terwujudnya check and balance. Namun, kalau evaluasi kita dukung berbarengan dengan pengkajian program pembangunan seperti Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) melalui amandemen UUD NRI 1945,” kata Irman Gusman, pada wartawan, Kamis (4/2/2016) di Gedung Senayan, Jakarta.

Sejauh ini, kata Irman Gusman (foto), DPD terus melakukan komunikasi dengan berbagai partai politik, MPR, DPR RI dan lain-lain untuk penguatan DPD. Meski, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) sudah menetapkan fungsi DPD untuk terlibat dalam pembahasan RUU, anggaran dan pengawasan bersama DPR, tapi belum sampai pada tingkat bisa ikut memutuskan. “Jadi, kita dukung DPD diperkuat dan bukan dibubarkan,” tandasnya. (kn-j09)

Related posts