Ditanggapi Santai, Silahkan Fahri Hamzah Teruskan Niatnya

Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman.
Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman.

KarakterNews.com – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menanggapi santai atas pelaporan mantan kader PKS, Fahri Hamzah, yang melaporkan tiga pimpinan PKS di Majelis Tahkim yang memutuskan memecat dirinya. Ketiganya adalah Hidayat Nur Wahid, Sohibul Iman, dan Surahman Hidayat.

Ketua DPP PKS bidang Hubungan Masyarakat, Dedi Supriyadi menjelaskan, pihaknya mempersilahkan Fahri Hamzah meneruskan niatnya melaporkan petinggi PKS yang sudah memecat dirinya. “Yang pasti, laporan itu tidak relevan dengan persoalan yang dialami Fahri Hamzah atas pemecatan dirinya,” ungkapnya, Jumat (29/4/2016).

Kata Dedi Supriyadi, pihak yang diadukan oleh Fahri adalah pengurus yang menjalankan amanat dari AD/ART PKS. Jadi tidak masalah kalau hal itu diadukan Fahri ke MKD. Terkait legalitas Majelis Tahkim yang dilaporkan oleh Fahri, dalam AD/ART sudah ada legalitas. PKS juga sudah melaporkannya ke Kementerian Hukum dan HAM. “Para anggota yang diadukan adalah pengurus partai yang sedang menjalankan amanat AD/ART partai yang tidak terkait dalam fungsi kedewanan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden PKS Mohammad Sohibul Iman menegaskan legalitas Majelis Tahkim sudah diatur dalam AD/ART PKS. Kalaupun Majelis Tahkim dilaporkan ke Kementerian Hukum dan HAM, sifatnya hanya pemberitahuan saja, tak perlu memintakan persetujuan dari Kemenkumham. Namun, soal legalitas Majelis Tahkim, PKS meminta seluruh pihak untuk menunggu hasil di pengadilan.

“Posisi kami berdasarkan UU Partai Politik, yang namanya Majelis Tahkim diputuskan partai, ke Menkumham adalah pemberitahuan dan melaporkan, jadi tidak perlu pengesahan,” ujar Sohibul Iman, baru-baru ini. (kn-m09)

Related posts