Di Sumut, Tujuh PTS Status Bermasalah

KarakterNews.com – MEDAN – Dari jumlah 21 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumatera Utara yang dinyatakan bermasalah, sekarang tinggal tujuh PTS masih menyandang status bermasalah, setelah sempat diberi selama 2 X 6 bulan untuk melakukan pembenahan.

Ke-tujuh PTS bermasalah tersebut, dikarenakan antara lain ada yang tidak memiliki mahasiswa, tidak punya dosen tetap, tidak punya sarana dan prasarana, belum ada lahan (masih menyewa), tidak ada kemajuan perbaikan dan perkembangan kampus.

Dari data Kopertis Wilayah I Sumut, Ke-tujuh PTS status bermasalah dan direkomendasikan untuk ditutup adalah :

1. Politeknik Tugu 45 Tebing Tinggi
2. Akbid Eunice Rajawali Binjai
3. Politeknik Profesional Mandiri
4. Politeknik Trijaya Krama,
5. Akubank Swadaya Medan
6. Sekolah Tinggi Kelautan dan Perikanan Indonesia
7. Akademi Manajemen Ilmu Komputer Medan.

Sebelumnya diketahui, ada 21 PTS di Sumatera Utara yang dinyatakan bermasalah. Ke-21 PTS tersebut telah diberikan waktu 2 X 6 bulan untuk melakukan pembenahan dengan didampingi Kopertis Wilayah I Sumut. Namun hingga di tahap kedua (sejak Oktober 2017) masih ada tujuh PTS yang tidak juga memenuhi syarat.

Meskipun batas waktu yang kedua akan berakhir pada bulan April ini. Kopertis Wilayah I Sumut tidak melihat ada tanda-tanda pembenahan, bahwa ketujuh PTS tersebut melakukan pembenahan, sehingga direkomendasikan untuk ditutup.

Sekedar diketahui, awalnya Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Utara (ORI Sumut), Abyadi Siregar meminta Kopertis Wilayah I Sumut, agar mempublis daftar PTS-PTS bermasalah di laman web Kopertis. Hal itu bertujuan, memberikan informasi kepada masyarakat luas, sehingga masyarakat tidak mendaftar di PTS yang bermasalah. (kn-m09)

Related posts